Darmin: BI Rate Tak Diubah Karena Cabe Naik

panen cabe
Sumber :
  • Arif Firmansyah

VIVAnews - Bank Indonesia mulai mewaspadai munculnya tekanan inflasi menjelang datangnya Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Tak hanya itu, BI juga sudah mengkira-kira bahaya inflasi akibat kenaikan tarif dasar listrik (TDL).
 
Deputi Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, ancaman inflasi karena tiga faktor itulah yang akan paling dirasa pada dua bulan mendatang.
 
"Satu lagi, ada juga kenaikan harga-harga bahan karena terkait ketidakpastian musim," kata Darmin di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin 5 Juli 2010. Karena ketidakpastian inilah, lanjut Darmin, selama Juni lalu inflasi meningkat sampai 0,97 persen.
 
"Kalau kita lihat mendalam, itu semua kita mengetahui kenaikan didominasi oleh bumbu-bumbuan, yaitu cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawan putih," kata Darmin. "Kenapa naik? Karena bulan Juni yang biasanya musim kemarau, ini kok hujan," katanya.
 
Namun inflasi karena faktor musim itu, katanya, bukanlah inflasi yang diwaspadai secara permanen, karena dalam pengamatan Bank Indonesia dalam 7-8 tahun belakangan, kenaikan itu biasa terjadi dan dalam tempo 2-3 bulan ke depan akan menurun.
 
"Jadi, inflasi yang tinggi pada bulan Juni ini tidak dilihat sebagai hal tinggi sampai akhir tahun, itulah sebabnya tingkat inflasi masih pada kisaran 5 ±1 persen," kata dia. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa BI rate tidak berubah.
 
"Kalau tidak perlu diubah, kenapa harus diubah," kata Darmin.
 
Di sisi lain Bank Indonesia kedepan memperkirakan perkembangan ekonomi global dan domestik terus akan membaik. Diperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2010 cenderung menuju ke batas atas kisaran proyeksi 5,5 - 6 persen.
 
Kenaikan ekspor dan investasi diperkirakan akan terus terjadi dan semakin memperkuat kenaikan konsumsi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi pada 2010 dan 2011.
 
Pada 2011 BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai kisaran 6 - 6,5 persen.

Erick Thohir Ketemu Kiper Inter Milan, Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?
Ashanty.

Terungkap! Keajaiban yang Dialami Ashanty Saat Umrah, Kisahnya Bikin Merinding

Ada momen mengharukan yang terjadi ketika Ashanty berdesak-desakan hendak memegang dan mencium Kakbah. Momen itu diabadikan dalam sebuah video.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024