Rumah Aspirasi Kian Perburuk Citra DPR

Hidayat Nur Wahid
Sumber :
  • wordpress.com

VIVAnews - Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid secara tegas menyatakan, menolak gagasan 'rumah aspirasi' untuk anggota dewan yang bernilai Rp200 juta per tahun. Ia justru menganjurkan memaksimalkan fungsi kantor parpol di tingkat kelurahan hingga kabupaten.

"Sekali lagi ini adalah kontroversi yang menambah citra buruk bagi DPR. Meskipun ada ketentuan awalnya di tata terib, tetapi itu bukanlah perintah yang secara tegas harus dilakukan," tegas dia kepada VIVAnews, Jumat, 06 Agustus 2010.

Hidayat lebih menyoroti bagaimana fungsi dari DPR dilakukan. Sebagai wakil rakyat fungsinya adalah mendengar dan menyampaikan aspirasi dan pendapat dari masyarakat. Dan itu bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Tetapi cara-cara yang ditempuh jangan malah menambah beban anggaran negara atau malah memperburuk citra DPR dengan mendirikan rumah aspirasi.

Mantan Ketua MPR itu mencontohkan cara-cara yang ditempuh untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, diantaranya bisa melalui jalur partai. Sebab, para anggota dewan terpilihnya juga melalui jalur partai, bukan jalur independen atau jalur perseorangan.

Karena melalui jalur partai mestinya para dewan bisa memaksimalkan keberadaan  kantor parpol di tingkat daerah-daerah, seperti halnya di kelurahan, kecamatan hingga seterusnya.

Selain itu, juga bisa memaksimalkan fungsi pengurus parpol, sehingga ada koordinasi antara anggota DPR dengan pengurus untuk menjadikannya sebagai rumah aspirasi. "Tanpa menunculkan kontroversi dan anggaran baru," terang dia.

Ia menambahkan, anggota dewan juga bisa menyerap aspirasi secara langsung kepada konstituennya. Karena, setiap anggota dewan akan melakukan 10 kali kunjungan dalam setahun ke masing-masing daerah konstituennya. "Cara lainnya adalah memanfaatkan website, internet, email atau handphone. Jadi tidak menambah kontroversi," kata dia.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024