Kantor Baru Anggota DPR 4 Kali Lebih Luas

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat direncanakan memiliki luas 161.000 meter persegi yang tersebar di 36 lantai. Setiap anggota DPR nantinya menempati ruangan seluas 120 meter persegi, yang dibagi bersama lima staf ahli dan satu asisten pribadinya.

Dalam laman resmi DPR, disebutkan alasan pembangunan gedung ini adalah karena  jumlah anggota dewan yang tiap periode bertambah, sementara Gedung Nusantara I tidak mencukupi menampung aktivitas anggota DPR.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Saat ini tiap anggota DPR Gedung Nusantara I menempati ruang seluas 32 meter persegi yang diisi 1 anggota, 1 sekretaris, dan 2 staf ahli. Kondisi ini dianggap tidak optimal untuk kinerja dewan.

Karena itulah, DPR periode 2004-2009 kemudian melakukan perencanaan membangun gedung ini. Ada keinginan penambahan jumlah staf ahli yang semula 2 menjadi 5, serta penambahan fasilitas berupa ruang rapat kecil, kamar istirahat, kamar mandi dan wc, dan ruang tamu.

Namun DPR periode 2009-2014 kemudian membuat perhitungan baru, ruang masing-masing anggota diisi 7 orang, meliputi 1 anggota dewan, 5 staf ahli, dan 1 asisten pribadi seluas 120 meter persegi. Luas total gedung menjadi 161.000 meter persegi. Perhitungan ini tidak bertentangan dengan Master Plan yang telah disusun oleh PT. Virama Karya (KDB dan KLB masih memenuhi peraturan DKI).

Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan pembangunan gedung ini akan membutuhkan waktu sekitar dua tahun, dengan total anggaran sekitar Rp1,16 triliun yang akan diturunkan secara bertahap, tidak sekaligus dalam satu waktu. Tahap pertama dikucurkan Rp250 miliar.

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024