FOKUS

Gedung DPR Rp1,2 Triliun, Pantaskah?

Direncanakan memiliki luas 161.000 meter persegi yang tersebar di 36 lantai.
Sabtu, 7 Agustus 2010 | 00:15 WIB
Oleh : Arfi Bambani Amri
Gedung DPR Rp1,2 Triliun, Pantaskah?
Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun (www.dpr.go.id)

VIVAnews - Ketua DPR Marzuki Alie mengungkapkan wakil rakyat akan segera memiliki gedung baru nan megah. Ia menyatakan bahwa peletakan batu pertama gedung baru DPR RI akan dilakukan pada Oktober tahun ini.

"Agustus mulai tender," kata Marzuki di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 6 Agustus 2010.

Mengantisipasi protes publik, Marzuki buru-buru menjelaskan bahwa rencana pembangunan gedung baru DPR itu akan diuji publik terlebih dahulu. Selain itu, prosesnya pun dijamin bakal transparan. Desain gedung, filosofinya, hingga biaya yang dianggarkan, semua akan dicantumkan secara lengkap dan terperinci di situs DPR.

"Masyarakat pun dapat langsung menyampaikan kritik, saran, dan keluhannya melalui situs DPR," ujar Marzuki.

Total anggaran yang diperlukan ditaksir mencapai Rp1,16 triliun. Dananya akan diturunkan secara bertahap, tidak sekaligus dalam satu waktu. Untuk tahun pertama ini, tutur Marzuki, dana yang sudah disediakan sebesar Rp250 miliar. Anggaran itu meliputi pembangunan fisik gedung, sampai perlengkapan IT (teknologi informasi), dan instalasi listrik.

Gedung baru DPR RI direncanakan memiliki luas 161.000 meter persegi yang tersebar di 36 lantai. Setiap anggota DPR nantinya menempati ruangan seluas 120 meter persegi, untuk ditempati bersama lima staf ahli dan satu asisten pribadi mereka.

Pembangunan diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua tahun.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA