Banjir Bandang Papua, 782 Rumah Rusak

Banjir bandang di Wasior, Papua
Sumber :
  • AP Photo/Abdul Muin

VIVAnews - Banjir bandang kembali melanda wilayah Papua. Kali ini banjir merendam dua distrik di Kabupaten Paniai, Papua, yakni Distrik Aradide dan Ekadide akibat luapan sungai Aga dan Eka setelah hujan deras.

"13 Warga tewas dan enam selamat dan sebanyak 782 unit rumah pun mengalami rusak," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abepura, Aloysius Giai, Jumat 1 April 2011. Dia menyatakan bencana ini sudah terjadi sejak 7-26 Maret 2011. Enam orang yang selamat, kata dia, sempat terbawa arus banjir namun berhasil ditemukan di muara sungai Aga.

Tak hanya itu, kata dia, seluruh kebun ubi di dua distrik gagal panen sehingga warga diperkirakan akan kelaparan jika tidak segera mendapat bantuan. "Ternak babi, ayam, dan kambing pun hilang disapu banjir," kata dia.

Sejauh ini, kata dia, ada sekitar 6.000 pengungsi dan membutuhkan bantuan segera. "Sudah muncul berbagai penyakit mulai dari diare, flu, cacar," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden menyatakan bela sungkawa atas bencana yang melanda Paniai ini. Dengan bencana ini, Wapres mengingatkan kepala daerah untuk siaga bencana. "Karena negara kita sangat rawan bencana," kata dia. (umi)

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses
Djarot Saiful Hidayat

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan partainya sedang menjaring bakal calon untuk diusung maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia menyebut PDIP.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024