Cara Hatta Atasi Panceklik Pangan

Teknopreneur Award
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menilai ada tiga cara untuk menangani kecukupan pangan Indonesia yang saat ini memasuki masa panceklik. Antara lain, melakukan operasi pasar dan membagikan beras miskin.

Menurut Hatta, beras stok bulog saat ini cukup karena ada beras impor sisa 2011 yang masih dalam perjalanan. "Dan kita memiliki kemampuan untuk membagikan raskin dua kali di Januari ini," katanya di Jakarta, Rabu 11 Januari 2012.

Dia menambahkan, pemerintah juga akan melakukan operasi pasar di kantong-kantong yang mengalami kenaikan harga beras. Selain itu, akan meminta kepada pemerintah daerah yang tidak menyetujui operasi pasar untuk melonggarkan kebijakan tersebut.

Cara ketiga, lanjut Hatta, pemerintah pusat telah memastikan anggaran pemerintah tersedia untuk mensubsidi pupuk, pembagian benih, dan lain-lain. "Tidak boleh ada dana yang dibintangi untuk pertanian karena kalau dibintangi terjadi mismatch,"katanya.

Rencana terakhir pemerintah untuk program surplus beras 10 juta ton hingga 2014 memerlukan dana Rp1,7 triliun per tahun, telah disediakan pemerintah.

Hatta menjelaskan, untuk membangun pertanian berbeda dengan membangun infrastruktur. "Kalau pertanian, jika masa tanamnya lewat ya lewat. Ada masanya menanam, ada masanya memanen, jadi nggak boleh mismatch dan tadi dilaporkan semua on-track," katanya.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick
Penyakit Demam Berdarah di Jakarta dikatakan meningkat sejak memasuki tahun 2024.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Angka kasus demam berdarah di Indonesia kembali meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan hingga Kamis sore 28 Maret 2024 tercatat sudah ada 390 kematian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024