Gaji PNS Gorontalo Wajib Ditransfer ke Istri

pegawai negeri sipil
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Belum sebulan menjabat Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie langsung mengeluarkan kebijakan baru soal gaji pegawai negeri sipil. Kebijakan baru itu adalah pembayaran gaji PNS pria yang berkeluarga langsung masuk ke rekening istri.

"Kebijakan itu akan diberlakukan bulan depan, atau per 1 Maret 2012," kata Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Gorontalo, Rudi Irawan, saat dihubungi VIVAnews dari Makassar, Kamis 9 Februari 2012.

Ia menjelaskan, ide transfer gaji ke rekening istri bukan pertama kali bagi Rusli Habibie. Sebabnya, ia sudah menerapkan itu sejak 3 tahun lalu, saat masih menjabat sebagai Bupati Gorontalo Utara. Program itu rupanya berhasil dan banyak usulan agar dilanjutkan

"Apalagi banyak keluhan dari para istri yang mengaku tidak mendapat gaji dari suaminya atau bahkan untuk belanja itu diserahkan setiap hari oleh suaminya," kata Rudi.

Hal itulah yang mendasari Gubernur Gorontalo untuk membuat kebijakan serupa di tingkat Pemprov. "Semoga dengan kebijakan ini, tidak ada lagi keluhan soal itu dan ini sekali lagi untuk menyelamatkan keuangan keluarga," ujarnya.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Sebagian Keberatan

Rudi menambahkan, mayoritas pegawai mendukung penuh kebijakan tersebut sejak mengemuka dalam sepekan terakhir. Namun demikian, masih ada juga yang sedikit keberatan. "Namun jumlahnya tidak seberapa. Dan kalau sudah berjalan, mudah-mudahan semuanya sepakat," kata dia.

Saat ini yang menjadi kendala, belum semua istri dari PNS pria memiliki rekening. Sehingga tahap awal yang digenjot adalah memerintahkan para istri PNS untuk membuat rekening dan segera melaporkan ke bagian keuangan Pemprov Gorontalo.

Setelah itu, para suami-suami tersebut membuat surat persetujuan kepada bagian keuangan agar gaji bulanannya ditransfer ke rekening istrinya. "Prosedur seperti itu yang sementara dibahas dengan semua pihak terkait termasuk pihak bank," tambah Rudi. (ren)

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024