BBM Naik, Rakyat Miskin Dapat Kompensasi

Karyawan SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan berdasarkan kajian konsorsium perguruan tinggi yang dipimpin Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung, kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi harus dibarengi dengan kompensasi.

"Kajian sudah selesai, di dalamnya termasuk kalau ada perubahan (harga BBM), harus menyiapkan kompensasi," kata Jero Wacik di Istana Negara, Rabu 22 Februari 2012.

Menurut Wacik, kompensasi tersebut selain berupa bantuan langsung tunai (BLT), juga dalam bentuk kupon uang transportasi yang akan dibagikan untuk masyarakat yang menggunakan angkutan umum.

"Bantuan langsung kepada rakyat yang sedang berdampak, sedang dikaji. Biar rakyat tidak berat lah," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan bagi masyarakat yang terdampak pada kenaikan harga BBM serta inflasi maka pemerintah akan memberikan bantuan langsung sementara. "Bantuannya bisa kita pikirkan, yang dulu pernah kita lakukan atau kita modifikasi yang itu memang tepat," katanya.

Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Badan Usaha Milik Negara dialihkan untuk memberikan bantuan riil kepada masyarakat yang terkena dampak akibat kenaikan harga bahan bakar minyak. (umi)

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengunjungi Gereja Katedral.

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjelaskan perencanaan pembangunan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Kepulauan Seribu untuk keberlangsun

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024