Partai Xanana Dukung Capres Taur Matan Ruak

Xanana Gusmao
Sumber :
  • wikimedia.org

VIVAnews - Partai pimpinan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, Partai Congresu Nacional de Reconstrusaun Timorense (CNRT) mengumumkan dukungannya kepada calon presiden, Taur Matan Ruak.
 
Pengumuman ini disampaikan langsung Sekretaris Jenderal Partai CNRT,   Dionisio Babo dan Ketua Komisi Politik Nasional Partai CNRT, Francisco Kalbuady dalam sebuah konferensi pers di markas besar Partai CNRT, kawasan Bairo Dos Grilos, Dili, Jumat, 24 Februari 2012.
 
Babo menjelaskan, terdapat sembilan alasan Partai CNRT memberikan dukungannya kepada Taur Matan Ruak. Dua di antaranya adalah Taur Matan Ruak merupakan kandidat capres dari unsur independen. Alasan lainnya, karena Taur Matan Ruak telah lebih dari 24 tahun bersama rakyat Timor-Leste menjaga stabilitas keamanan.
 
"Ini merupakan keputusan partai yang telah diambil dalam sebuah konferensi besar CNRT yang telah dilaksanakan pada 11-12 Januari di Dili," kata Babo.
 
Keputusan Partai CNRT itu juga diambil setelah mempertimbangkan keputusan Pengadilan Banding Timor-Leste yang telah mengumumkan secara resmi 13 Capres Timor Leste periode 2012-2017.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

"Karena itu, CNRT mengambil keputusan untuk mendukung pencalonan Taur Matan Ruak sebagai presiden periode 2012-2017,” kata Babo seraya menegaskan bahwa keputusan resmi partai CNRT telah disahkan Ketua Umum Partai, Kay Rala Xanana Gusmao.
 
Disinggung mengenai perubahan dukungan sejumlah pendukung CNRT ke capres yang lain, Ketua Komisi Politik Nasional Partai CNRT, Francisco Kalbuady mengatakan, hal itu merupakan keputusan yang bersifat pribadi.

“Itu bukan atas nama partai. Partai CNRT tidak akan mengambil langkah tegas terhadap pendukungnya. Itu merupakan bagian dari demokrasi,” jelas Kalbuady. (art)

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024