Kampanye Presiden, Horta Kunjungi Sekolah

Ramos Horta
Sumber :
  • REUTERS/Lirio Da Fonseca

VIVAnews - Kampanye pemilihan presiden Timor Leste dimulai hari ini, Rabu 29 Februari 2012. Beberapa calon memilih berkampanye di lapangan terbuka, menyedot ribuan massa. Tapi, Presiden Ramos Horta memilih mengunjungi sekolah-sekolah.

Dia membantah kunjungannya ke beberapa sekolah di Dili dan distrik Liquica untuk tujuan kampanye. Seharusnya, hari ini dia berkampanye di Gleno, distrik Emera. “Kunjungan saya ke sekolah-sekolah bukan dalam rangka mencari dukungan. Tetapi, saya merasa prihatin dengan masalah pendidikan di negara ini,” jelas Horta.

Menjawab pertanyaan soal batal berkampanye di hari pembukaan, Horta mengatakan dirinya menaruh kepercayaan kepada para pendukungnya yang berjanji melaksanakan kampanye door-to-door untuk memenangkannya dalam pemilu presiden. “Yang jelas, saya tidak memaksa rakyat untuk memilih saya,” tegasnya.
 
Usai mengunjungi sekolah São Miguel di kawasan Comoro, Dili Barat, Horta bersama sejumlah tim suksesnya melanjutkan kunjungan ke sebuah sekolah dasar di kawasan Tasitolu, Dili untuk selanjutnya menuju Distrik Liquica.
 
Di tiga tempat ini, Horta berjanji jika nanti tidak lagi terpilih sebagai orang nomor 1 di Timor-Leste, dirinya akan mengupayakan kampanye besar-besaran kepada pemerintah dan parlemen, agar memperhatikan strategi yang baik dan persoalan anggaran pendidikan bagi sekolah dasar dan menengah di negeri itu.
 
Selain kandidat presiden Taur Matan Ruak dan José Ramos Horta, kandidat lainnya yang hari ini berkampanye adalah Francisco Guterres Lu-Olo dari Partai Frente Revolucionario Timor-Leste Independente (Fretilin). 
 
Di hari awal kampanyenya di Distrik Ermera, Rabu petang, Ketua Umum Partai Fretilin itu disambut meriah oleh sekitar 5.000 pendukungnya yang berasal dari 5 kecamatan di Distrik Ermera. Kepada para pendukungnya, Lu-Olo berjanji akan memperhatikan persoalan kesehatan, pendidikan, hak untuk anak yatim piatu dan usia lanjut, para veteran serta mantan gerilyawan.

Ini Sejumlah Potensi Kerawanan Saat Masa Mudik Lebaran yang Dipantau Polri

“Jika nanti terpilih sebagai presiden negara ini, saya akan menepati semua janji,” kata Lu-Olo yang disambut tepuk-sorak para pendukungnya.
 
Beberapa saat sebelum memasuki lapangan sepakbola di kota Gleno, ibukota Distrik Ermera, Lu-Olo bersama tim suksesnya juga sempat berziarah ke makam Konis Santana. Salah seorang pahlawan nasional Timor-Leste di daerah Mertutu, sekitar 10 kilometer sebelum kota Gleno. (art)

Korban serangan teroris di Gedung Teater Moskow, Rusia

Jumlah Korban Tewas atas Aksis Terorisme ISIS-K di Moskow Capai 140 Jiwa

Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan jumlah korban tewas akibat serangan gedung konser di Moskow pekan lalu meningkat menjadi 140 orang per hari Rabu, setelah korban la

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024