Empat Teh Terbaik untuk Kesehatan

Darjeeling tea
Sumber :
  • teaexperts.wordpress.com

VIVAlife - Teh selalu bisa membuat tubuh terasa hangat. Minuman satu ini juga bisa mengurangi level stres. Tak ketinggalan, sejuta manfaatnya bagi kesehatan.

Sejak ribuan tahun lalu hingga sekarang, teh masih dianggap sebagai minuman kesehatan. Ada teh jenis tertentu yang dari awal pertumbuhan, pengolahan hingga pengemasan memang dimaksudkan untuk kesehatan.

Apa saja teh tersebut? Berikut empat terbaik untuk kesehatan, yang sebaiknya Anda konsumsi secara teratur.

Teh Darjeeling

Teh ini, seperti dilansir dari Oprah.com,  disebut-sebut sebagai teh terbaik yang ada dunia. Pohonnya hanya terdapat di kaki bukit Himalaya, wilayah Darjeeling, India.
Manfaat: Lebih dari 15 hingga 20 persen populasi dunia terjangkit bakteri yang disebut H. pylori. Bakteri ini memicu penyakit lambung kronis, hingga kanker lambung. Namun, menurut penelitian terbaru teh Darjeeling mampu menghambat perkembangan bakteri ini.

Teh Oolong
Daun dari teh jenis teh China ini, diolah secara semi-fermentasi. Daun dibiarkan layu sebentar, lalu dimemarkan untuk memacu oksidasi. Daun lalu dikeringkan sebelum proses enzimatik selesai.
Manfaat: Menurut penelitian pada 1.500 orang, meminum setengah gelas hingga dua gelas teh Oolong setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen. Teh Oolong dapat   kaya akan antioksidan yang dapat mengontrol enzim dan meningkatkan tekanan darah.

Teh hitam

Teh hitam difermentasi secara penuh. Ini untuk menngeluarkan rasa khas, warna, dan aroma yang lebih berani. Saat diseduh, warnanya mendekati merah. 
Manfaat: Empat senyawa antioksidan yang disebut theaflavins ditemukan pada teh hitam. Fungsinya adalah melindungi otak dari beberapa penyakit berbahaya. Peneliti Jerman pernah menemukan kalau senyawa ini berkontribusi pada perawatan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Teh Yerba Maté

Berasal dari jenis pohon teh langka yang ada di Amerika Selatan, teh Yerba Maté termasuk kategori teh herbal yang memiliki rasa seperti rumput. Untukk mengurangi rasa pahitnya, biasanya disebuh dengan air hangat dan bukan air mendidih.
Manfaaat: Pada 2011, pernah dilakukan penelitian dengan memasukan senyawa pada teh Yerba Maté, pada cawan berisi sel kanker usus. Hasilnya, sel kanker tersebut rusak dengan sendirinya. Tak ada salahnya mengonsumsi teh ini bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024