Presiden Iran Berduka untuk Korban Gempa

Korban cedera gempa bumi di Ahar Iran
Sumber :
  • REUTERS/Kamel Rouhi/Fars News Agency

VIVAnews - Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, berbelasungkawa bagi korban gempa di dua kota dan desa-desa sekitar, Sabtu sore waktu setempat 11 Agustus 2012 (tengah malam WIB). Bencana ini menewaskan sedikitnya 180 orang dan 1.300 lain cedera, namun pihak berwenang mengantisipasi bertambahnya jumlah korban karena evakuasi masih berlangsung. 

Dalam situs resminya, Ahmadinejad memerintahkan pejabat dan petugas terkait memobilisasi semua bantuan ke warga di zona bencana, demikian ungkap stasiun berita Aljazeera.

Dua gempa berkekuatan masing-masing 6,4 dan 6,3 skala Richter, menurut Badan Geologi Amerika Serikat, mengguncang negara tersebut di bagian barat laut Iran dengan pusat gempa hanya di kedalaman 10 kilometer. Gempa ini terjadi Sabtu sekitar pukul 4.53 sore waktu setempat dengan pusat hanya 60 kilometer dari Tabriz, dekat kota Ahar.

Dua gempa kuat itu hanya berselang 11 menit yang kemudian diikuti belasan gempa susulan dengan rata-rata berkekuatan 4,7 SR. Petugas penyelamat terpaksa menggunakan radio dalam berkomunikasi di wilayah bencana karena sambungan telekomunikasi terputus.

Kota Ahar dan Varzeghan, 60 km dari Tabriz, menjadi dua kota dengan kerusakan paling parah akibat gempa tersebut karena sangat dekat dengan episentrum gempa. Kota Haris, kota terdekat lainnya, juga mengalami kerusakan parah.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Diberitakan sebelumnya, selain korban tewas, sekitar 1300 korban lainnya mengalami luka-luka. Jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah mengingat banyak korban luka dalam kondisi kritis. (ren)

Ilustrasi Mobil Patroli Polisi

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Seorang jambret membawa kabur mobil patroli polisi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Maret 2024 dini hari. Aksi jambret ini viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024