Polri: Secara Kelembagaan Ngruki Tak Terlibat

Pintu masuk Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo
Sumber :
  • Antara/ Hasan Sakri Ghozali

VIVAnews - Tiga terduga teroris yakni, Farhan, Muchsin dan Firman diketahui bekas santri Pondok Pesantren (Ponpes) Islam Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Meski begitu, kepolisian tak ingin ceroboh dengan menyatakan lembaga pendidikan itu terlibat. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan, Polri akan tetap berusaha proporsional dalam menuntaskan kasus terorisme.

"Bukan berarti karena mereka alumni Ngruki lantas kemudian secara kelembagaan Ngruki terlibat. Kan perencanaan penembakan tidak di sana," kata Boy Rafli di Jakarta, Rabu 5 September 2012.

Menurut Boy, kepolisian tidak melihat adanya keterlibatan pondok pesantren yang pernah dipimpin oleh Abu Bakar Ba'asyir itu terlibat dalam berbagai aksi bekas santrinya. Dia melihat Ngruki hanya sebuah lembaga pendidikan yang tidak pernah mengajarkan terorisme.

"Sejauh ini tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa mereka ada di balik aksi teror. Kecuali ada bukti-bukti kita bisa melakukan penangkapan," Boy menegaskan.

Farhan dan Mukhsin tewas setelah terlibat baku tembak dengan personel Densus 88 di Jalan Veteran, Solo, Jawa Tengah, pada Jumat malam lalu, 31 Agustus 2012. Dari baku-tembak itu, satu terduga teroris, Bayu, berhasil dibekuk.

Sementara, Rabu pagi tadi, Firman berhasil ditangkap tim Densus 88 di Perumahan Anyelir 2, Blok F2, Jalan Raya Kalimulya, Depok, Jawa Barat. (eh)

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final
Fuji

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

Hard Gumay turun tangan untuk membuat ramalan terkait urusan asmara adik ipar Vanessa Angel tersebut. Konon, Fuji diprediksi bakal menjadi pasangan hidupnya Mayor Teddy.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024