Lampung Tengah Bentrok, 300 Orang Mengungsi

Ilustrasi/Para pengungsi usai pecahnya bentrok warga di Lampung
Sumber :
  • ANTARA/Agus Setyawan

VIVAnews - Bentrok warga kembali terjadi di Lampung. Kali ini terjadi antara warga Kampung Kusumadadi, Kecamatan Bekri dengan warga Kampung Buyut, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, sekitar pukul 15.00 WIB kemarin.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Agus Riyanto, mengatakan bentrokan itu merupakan buntut peristiwa tanggal 18 Oktober 2012. Kala itu, kata Boy, terjadi pencurian tiga ekor ternak milik warga Kampung Kusumadadi. Pelaku pencurian itu adalah Chairil Anwar. Pencuri itu tertangkap dan dihakimi massa hingga tewas.

Belakangan diketahui Chairil Anwar merupakan warga Kampung Gunung Sugih. "Keluarga dan masyarakat terduga pelaku pencurian kemudian mendatangi lokasi yang tadi saya sebutkan (Kampung Kusumadadi)," kata Agus. Penyerangan pun terjadi pada Kamis 8 November 2012.

Akibat bentrokan itu, menyebabkan kerugian materiil. Sebanyak lima unit rumah rusak berat karena dibakar. Sementara 31 lainnya rusak ringan, seperti mengalami pecah kaca, rusak atap dan dindingnya. "Selain itu, 300 orang dilakukan pengamanan dan pergeseran (diungsikan) ke Pesantren Darul Mutaqin," ujarnya.

Polisi, tambah Agus, tengah mengusut kasus kerusuhan ini. Lima orang yang diduga terkait erat dengan peristiwa itu tengah diperiksa. Selain itu, sebanyak 800 petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP sudah diterjunkan. Saat ini, situasi sudah mulai kondusif. "Danrem, Kapolda sudah bisa melakukan komunikasi dengan masyarakat setempat agar tidak terjadi peristiwa lanjutan," jelas Agus. (eh)

Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta Dipanggil KPK Pekan Depan, Klarifikasi Harta Kekayaan
Ramadhan Sananta, Duel Timnas Indonesia vs Brunei

Pengakuan Jujur PSSI soal Banyak Pemain Langganan Timnas Indonesia Tak Dipanggil Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 22 nama untuk laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak pada 6 Juni dan melawan Filipina 11 Juni

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024