Polri: Bentrok Marak karena Nasionalisme Luntur

Ilustrasi/Bentrok Antar Warga di Lampung
Sumber :
  • Antara/Kristian Ali

VIVAnews - Polri menyatakan nasionalisme rakyat Indonesia terus menurun. Salah satu parameternya, karena aksi bentrok atau tawuran antarwarga yang terus terjadi.

"Konflik antar warga di beberapa daerah mencerminkan jiwa nasionalisme dan kebangsaan kita mulai luntur," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Agus Rianto, di Jakarta, Jumat 9 November 2012.

Agus mengeluhkan emosi warga yang begitu mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum tentu jelas kebenaran dan dasar hukumnya. Akibatnya, bentrok atau insiden-insiden yang menimbulkan kerusakan bahkan korban jiwa begitu mudah terjadi.

"Kami harapkan warga dapat menahan diri dan tidak mudah terprovokasi isu tidak bertanggung jawab. Jika ada yang mencurigakan segera laporkan ke petugas terkait," ujarnya.

Bentrok berdarah terjadi di Lampung dalam beberapa pekan belakangan ini. Terakhir adalah insiden yang melibatkan warga Kampung Kusumadadi, Kecamatan Bekri dengan Kampung Buyut Udik dan Buyut Ilir, Kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah, sekitar pukul 15.00 WIB kemarin.

Insiden itu menyebabkan kerugian materi yang tidak sedikit. 5 unit rumah rusak berat karena dibakar, dan 31 rusak ringan. Sekitar 300 orang warga pun diungsikan. Semua bermula dari massa yang menghakimi pencuri sapi hingga tewas. (eh)

Selain Elkan Baggott, Ini 6 Pemain yang Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia
Wuling Air ev

Akulaku Finance Gandeng Wuling Finance untuk Pembiayaan Otomotif

Perusahaan pembiayaan Wuling Finance yang bernaung di dalam entitas PT SGMW Multifinance Indonesia menjalin kerjasama dengan Akulaku Finance di sektor pembiayaan otomotif

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024