FOKUS

Kapolda Papua Selamat dari Serangan Kelompok Bersenjata

Pelaku diduga kelompok penyerang Mapolsek Pirime Papua
Kamis, 29 November 2012
Oleh : Suryanta Bakti Susila, Syahrul Ansyari
Anggota polisi di Papua tewas ditembak

 

VIVAnews - Markas Besar Polri memastikan kondisi Kapolda Papua Irjen Tito Carnavian baik-baik saja paska insiden penembakan oleh kelompok bersenjata di daerah antara Distrik Pirime menuju Tiom ibukota Kabupaten Lany Jaya Papua, Rabu 28 November 2012. Tito kini sudah sampai ke Polsek Tiom dengan selamat.

"Baik, tadi pagi bicara lama dengan saya," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Suhardi Alius, saat dikonfirmasi VIVAnews, Kamis 29 November 2012.

Suhardi menuturkan setelah terjadi kontak senjata, kelompok bersenjata tersebut melarikan diri ke gunung. Dia memastikan pihaknya akan terus melakukan pengejaran.

"Pelaku diduga kelompok yang sama dengan penyerang Polsek Pirime karena memang lokasinya di sekitar situ. Tapi masih dikembangkan." 

Kapolda Papua Irjen Tito Carnavian dan Asintel Kodam Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Napoleon beserta rombongan, ditembaki gerombolan bersenjata saat melaju dari Distrik Pirime menuju Tiom ibukota Kabupaten Lany Jaya Papua. Peristiwa itu terjadi kemarin sekitar pukul 18.00 WIT. Serentetan penembakan itu pun dibalas oleh rombongan.

Rombongan Kapolda dan pejabat Kodam XVII Cenderawasih sudah berhasil mencapai Distrik Pirime, lokasi terjadinya penyerangan Markas Polsek yang menewaskan 3 anggota Polisi.

Setelah meninjau lokasi, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Tiom dengan kendaraan roda empat sambil beriringan.

Di tengah perjalanan, tepatnya di Kampung Indawa antara distrik Makki Kabupaten Jayawijaya dan Distrik Tiom Kab Lanny Jaya, tiba-tiba konvoi dihadang dengan serentetan tembakan dari arah gunung, yang tepat berada di sebelah kiri jalan.

Aksi kontak senjata berlangsung selama kurang lebih satu jam. Kelompok sipil bersenjata yang diperkirakan sekitar 40 orang itu berhasil dipukul mundur dan kembali masuk ke dalam hutan. Rombongan berhasil mencapai Tiom dengan selamat.

Sebelumnya, aksi penyerangan dan penembakan terhadap Polsek Pirime terjadi 27 November 2012. Tiga polisi tewas dengan luka tembakan.

Para penyerang yang diperkirakan berjumlah sekitar 50 orang ini juga bertindak keji pada jasad tiga polisi yang berhasil mereka bunuh. Setelah ditembak, jasad polisi itu dibakar. Bahkan ada bagian tubuh yang dipotong-potong. (adi)

 

TERKAIT
File Not Found
    TERPOPULER
    File Not Found