Kolesterol, Tangkis dengan Makanan Ini

Kadar kolesterol
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Kolesterol menjadi topik kesehatan yang selalu menarik. Beberapa dari kita mungkin masih mengabaikannya. Menganggap penyakit ini hanya milik orang bertubuh gemuk. Padahal mereka yang bertubuh langsing pun tak juga luput dari ancaman kolesterol.
Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Beberapa penyakit yang kerap dihubungkan dengan kolesterol seperti jantung, stroke, dan hipertensi. Sebelum kolesterol benar-benar hinggap di tubuh, tidak ada salahnya Anda mulai memilah makanan sehat sebagai konsumsi sehari-hari. Berikut empat makanan super pencegah dan penurun kolesterol.
Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Oatmeal
Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Oatmeal adalah makanan paling praktis anti kolesterol. Seratnya mudah larut dalam tubuh sehingga memperbaiki metabolisme. Selain itu juga menghampat penyerapan low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda disarankan mengkonsumsi lima hingga sepuluh gram setiap hari.

Gooseberri

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam buah ini baik untuk menjaga high density lipoprotein (HDL), kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk. Khasiat ini juga bisa didapatkan pada lemon, jambu biji, dan daun ketumbar.

Teh hijau

Dilansir laman boldsky, minuman ini sangat dianjurkan sebagai konsumsi sehari-hari karena kandungan antioksidannya yang berperan mengontrol kolesterol dalam tubuh. Selain antioksidan, zat ketekin dalam teh juga bermanfaat mencegah penyerapan kolesterol dalam usus.

JaheĀ 

Bumbu dapur ini sangat populer sebagai penurun kolesterol jahat. Rempah hangat ini juga membantu penipisan darah, sehingga menurunkan tingkat risiko penyakit jantung.

Alpukat

Lemak tak jenuh pada alpukat sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida sebagai pencegah diabetes. Untuk konsumsi aman, sediakan satu buah alpukat tanpa tambahan gula dan bahan perasa lain. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya