Anis Matta Dicecar Penyidik Soal Sertifikat Tanah

Anis Matta Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta diperiksa terkait pencucian uang Ahmad Fathanah, orang dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaq yang merupakan tersangka pencucian uang pengurusan kuota impor daging di Kementerian Pertanian.

Anis diperiksa selama tujuh jam. Dia mengaku ditanya beberapa hal oleh penyidik KPK. Salah satunya berkaitan dengan sertifikat tanah yang ditemukan di tangan Ahmad Fathanah. Tanah tersebut berada di Jatiwaringin, Bekasi, Jawa Barat, dengan luas mencapai ribuan meter persegi.

"Sertifikat ini adalah tanah saya yang sudah saya laporkan dalam daftar kekayaan ke KPK," kata Anis usai menjalani pemeriksaan di KPK, Senin 13 Mei 2013.

Anis menjelaskan, saat ini tanah tersebut diserahkan ke adiknya, Saldi Matta, untuk dibuat satu proyek properti. Namun saat proyek tersebut hendak dilakukan, keluarga Ahmad Fathanah berniat membeli tanah itu.

"Mereka menawar, tapi tidak terjadi transaksi dengan keluarga Fathanah," katanya.

Mantan Wakil Ketua DPR RI itu menegaskan, keluarga Fathanah belum jadi membeli tanah tersebut dan baru sebatas tawar menawar. Adapun mengenai kabar sertifikat tanah tersebut sudah berada di tangan Fathanah, Anis mengaku yang ditunjukkan penyidik adalah fotokopi sertifikat.

"Yang diperlihatkan kepada saya tadi fotokopi, bukan sertifikat asli yang ada di tasnya Fathanah. Itu bukan sertifikat aslinya. Ini baru tawar-menawar dengan adik saya. Hanya itu," tegasnya.

Selanjutnya, dalam pemeriksaan itu juga Anis ditanyakan mengenai kebijakan PKS terkait Pemilu Kepala Daerah. Menurutnya, mekanisme internal PKS dalam Pilkada itu bersifat otonomi.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Semua usulan tentang calon diusulkan oleh DPW, diajukan oleh ketua wilayah dakwah yang merupakan koordinator atas DPW tersebut dan kemudian dilaporkan ke DPP.

Tugas DPP, lanjutnya, adalah memeriksa apakah mekanisme pengambilan keputusannya sudah benar atau tidak. Kalau proses pengambilan keputusannya sudah benar, DPP menanyakan kembali DPW, apa yang menjadi preverensi mereka memilih calon.

"Setelah itu kita putuskan, seluruh domain pelaksanaan dan implementasinya kembali ke wilayah," tuturnya.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024