FOKUS

Asteroid Berukuran 9 Kali Kapal Pesiar Dekati Bumi

Jarak paling dekat terjadi sekitar 31 Mei mendatang. Berbahayakah?
Jum'at, 17 Mei 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna, Tommy Adi Wibowo
Asteroid atau batu ruang angkasa sedang menuju ke Bumi [Foto ilustrasi]
VIVAnews - Sesuai perkiraan, sebuah batu ruang angkasa yang berukuran sembilan kali ukuran kapal pesiar akan mendekati bumi. Asteroid bernama 1998 QE2 akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi pada 31 Mei 2013.

Berdasarkan hitungan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), jarak terdekat asteroid 1998 QE2 dengan Bumi sekitar 5,8 juta kilometer, atau setara 15 kali jarak antara Bumi dan bulan, dilansir Space Daily, 17 Mei 2013.

Tapi, asteroid raksasa itu tidak berbahaya bagi Bumi, ilmuwan dan astronom sudah memastikannya. Saat ini, para ilmuwan dan astronom sangat tertarik mempelajari karakter dari asteroid 1998 QE2.

Menurut Lance Benner, peneliti utama radar Goldstone dari Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, AS, asteroid 1998 QE2 telah menjadi target utama dari pengamatan yang dilakukan oleh radar Goldstone.

"Kami berharap mendapatkan serangkaian gambar beresolusi tinggi yang dapat mengungkapkan bentuk detail dari permukaannya," kata Benner.

Setiap kali ada asteroid yang mendekati Bumi, menurut dia, adalah saat yang tepat untuk mempelajarinya, seperti memahami secara rinci dari ukuran, bentuk permukaan, rotasi, dan lainnya.

"Data-data itu nantinya akan menghasilkan asal-usul dari sebuah asteroid, kecepatan gerak dan orbitnya," tutur Benner.


Lintasan asteroid 1998 QE2. Jarak paling dekat terjadi pada 31 Mei 2013. (Space Daily)

Asteroid 1998 QE2 pertama kali ditemukan pada 19 Agustus 1998 oleh Program Lincoln Near Earth Asteroid Research (LINEAR) yang dilakukan Massachusetts Institute of Technology.

Asteroid ini bukan main besarnya, diperkirakan memiliki luas sekitar 2,7 kilometer. Apalagi jika dibandingkan asteroid 2012 DA14 yang juga sempat melintasi Bumi akhir Januari silam.

Untuk mengetahui bagaimana bentuk dari Asteroid 1998 QE2, NASA berencana menyiarkan secara langsung pengamatan dari radar Deep Space Network antenna di Goldstone dan Arecibo Observatory di Puerto Rico pada tanggal 30 Mei sampai 9 Juni 2013.
TERKAIT
File Not Found
TERPOPULER
File Not Found