Mengapa Yahoo Beli Tumblr

Logo Tumblr.
Sumber :
  • hubpost.com

VIVAnews - Yahoo telah mengkonfirmasikan mereka membeli situs mikroblog Tumblr senilai US$1,1 miliar, atau setara Rp10,73 triliun, seperti hari ini.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan


Kesepakatan itu diumumkan pertama kali oleh CEO Yahoo, Marissa Mayer, melalui sebuah post di Tumblr. Namun, aksi ini langsung menuai banyak kritik dan pertanyaan dari para pengguna Tumblr.

Apa lagi yang ingin diperbuat Yahoo? Pasalnya, Yahoo punya catatan panjang "membunuh" perusahaan setelah mereka akuisisi--Geocities, Broadcast, dan terakhir , perusahaan startup buatan anak bangsa.

Menjawab kekhawatiran itu, Yahoo pun langsung angkat bicara. "Kami berjanji tidak akan mengacaukannya. Tumblr sangat spesial dan mempunyai sepak terjang yang luar biasa. Kami akan membiarkan Tumblr beroperasi secara independen. David Karp tetap menjadi CEO-nya," kata Mayer.

Sementara itu, Karp juga meyakinkan para penggunanya, bahwa etos inti situs Tumblr dan gayanya tidak akan berubah usai diakuisisi Yahoo.

"Tidak ada yang berubah, semua sesuai roadmap. Kami sangat senang mendapat dukungan dari Yahoo. Tumblr akan jadi lebih baik dan lebih cepat dengan banyaknya sumber daya yang kompeten dari aksi korporasi ini," ungkap Karp.

Kemahalan?

Aksi korporasi Yahoo ini merupakan langkah untuk membantu Yahoo kembali meraih kedigdayaan mereka sebagai raja Internet. Dengan akuisisi Tumblr, Yahoo berharap bisa menggaet anak muda dan siap bersaing mati-matian dengan Facebook dan Twitter.

Saat ini, Tumblr mempunyai 300 juta pengunjung unik tiap bulan, dan 120.000 pendaftar baru per hari, yang semuanya menyumbang 900 post per detik.

Sebagai perbandingan, Facebook kini mencatat memiliki 982 juta akun terdaftar, per 21 Mei 2013. Sedangkan, Twitter memiliki 500 juta lebih akun terdaftar, yang menghasilkan 350 juta tweet per hari.

Banderol US$1,1 miliar untuk Tumblr boleh dibilang harga premium yang nilainya cukup signifikan dibandingkan valuasi perusahaan itu sendiri, yang ditaksir US$800 juta, ketika terakhir kali perusahaan itu menerima kucuran dana segar dari investor swasta.

Pada 2012, pendapatan Tumblr hanya US$13 juta, setara Rp126 miliar, menurut Forbes. Angka ini yang membuat para analis menyatakan bahwa nilai akuisisi Tumblr terlalu mahal.

"Bahkan jika pendapatan perusahaan mencapai US$100 juta pun, itu masih sepersepuluh nilai akuisisi tersebut," ujar Colin Gillis, analis BGC Financial.

Apa yang Dicari Yahoo?

Tumblr memang unik. Mengkombinasikan unsur blogging dan jejaring sosial dalam sebuah desain sederhana, Tumblr berhasil melesat dan menarik ratusan juta pengguna sejak diluncurkan enam tahun lalu.

Aplikasi ini juga dihujani trafik deras pada perangkat mobile. Namun, kendati mempunyai basis pengguna yang berkembang pesat, Tumblr berjuang mati-matian untuk mencetak uang. Pada April 2012 silam, jejaring sosial ini telah membatasi iklan di situsnya.

Mayer memastikan, kehadiran Yahoo di lingkungan Tumblr tidak akan membuat jadi kacau. "Iklan akan muncul secara mulus dan meningkatkan pengalaman pengguna," ungkapnya.

Brian Wieser, analis Pivotal Research Group mengatakan cara tercepat Yahoo untuk menggenjot pendapatan Tumblr adalah dengan menggabungkan teknik penjualannya dengan situs blog tersebut. Tapi, itu bisa-bisa membuat pengguna minggat.

"Tidak jelas apakah kesepakatan ini benar-benar menguntungkan dari perspektif return-on-capital," ucap Wieser. "Satu miliar dolar untuk sebuah perusahaan adalah taruhan besar."

Tertimpa durian runtuh

Minggu malam, CEO WordPress Matt Mullenweg melaporkan ada peningkatan jumlah post di situsnya yang tidak biasa. Dia pun mengklaim, pengguna itu berasal dari Tumblr yang minggat setelah mengetahui ada indikasi bahwa mikroblog kesayangan mereka akan dibeli Yahoo.

Tak tanggung-tanggung, selama satu jam di malam itu, WordPress menerima 72.000 post yang diimpor langsung dari Tumblr, yang biasanya tidak pernah lebih dari 600 post. Tumblr dan WordPress memang saling terkoneksi satu sama lain.

"Berita seperti ini, baik datang dari teman atau rival, selalu pahit rasanya. Tapi, saya sangat tertarik untuk mengetahui apa yang mereka lakukan selama 5-10 tahun ke depan sebagai perusahaan independen," ujarnya.

Siapa Tumblr?

Tumblr merupakan situs media sosial sekaligus platform mikroblog yang berdiri sejak Februari 2007, di New York City, AS. Dinahkodai oleh David Karp, Tumblr kini mempunyai 175 karyawan. Saat ini, menurut data Alexa, posisi Tumblr berada di peringkat 32 sebagai situs terpopuler di dunia, di atas Pinterest, Instagram, dan Flickr.

Di Tumblr, pengguna bisa membuat tulisan blog dengan format pendek dan ringkas, termasuk berbagi foto dan video. Seperti Twitter dan layanan blog lain, pengguna juga bisa saling follow. Saat ini, Tumblr mempunyai 300 juta pengunjung unik per bulan, dan menampung 108 juta blog di dunia.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban
Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024