Harrison Ford Mengamuk, SBY Pangggil Menteri Kehutanan

Presiden SBY berjabat tangan dengan Harrison Ford.
Sumber :
  • Dokumen Biro Pers Istana/Abror Rizki
VIVAnews
Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa 10 September 2013, memanggil sejumlah menteri, termasuk Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, untuk mengklarifikasi kabar mengamuknya aktor Hollywood Harrison Ford di kantor Kementerian Kehutanan.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan Presiden juga ikut memanggil Wakil Presiden Boediono, Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, dan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto.
Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 


“SBY ingin mendapat laporan sesuai yang diberitakan di media mengenai apa yang terjadi di kantor Kementerian Kehutanan, dan hal itu sudah dijelaskan,” kata Julian di Istana Negara, Jakarta Pusat.


Harrison Ford datang ke Indonesia dalam rangka syuting film dokumenter
Years of Living Dangerously
yang bercerita tentang kondisi lingkungan di Indonesia. Sebelum mewawancarai Presiden SBY hari ini dan Menhut Zulkifli Hasan kemarin, ia telah lebih dulu syuting di hutan Riau.


Seperti dikutip
AsiaOne
, Ford menyatakan deforestrasi telah meluas di Taman Nasional Riau Tesso Nilo. Ia lantas bertanya kepada Menhut kenapa pelaku deforestrasi tidak diseret ke pengadilan. Ford kesal karena deforestrasi di Indonesia berkontribusi terhadap pemanasan global. Zulkifli menjelaskan kepada Ford, perusakan hutan di Indonesia harus ditangani secara bertahap.


Setelah pertemuan antara Menhut dan Ford di Kemenhut itu, pagi ini beredar kabar via BlackbBerry Messenger (BBM) dari Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam Andi Arief yang mengatakan Ford telah berlaku tidak sopan selama berada di kantor Menteri Kehutanan. Dia naik ke meja ruang tunggu dan melompat berkali-kali. Andi berharap Ford dideportasi atas sikap tak sopannya itu.


Namun Menhut Zulkifli Hasan membantah aktor kawakan itu mengamuk dan naik ke meja di kantornya. Juru Bicara Presiden juga menolak mengomentari permintaan Andi Arief untuk mendeportasi Ford. “Saya tidak perlu menanggapi hal seperti itu,” kata Julian.


Yang jelas, kata Julian, pertemuan Ford dengan Presiden SBY hari ini berjalan baik dan penuh etika. “Sebagaimana kesopanan seseorang yang bertemu dengan Presiden, Ford mematuhi norma-norma. Pertemuan Ford dan Presiden sangat konstruktif. Pertemuannya sangat positif, pertanyaannya juga positif,” ujar dia.


Istana memandang positif pembuatan film dokumenter garapan Ford yang bertema lingkungan hidup dan perubahan iklim itu. Pembuatan film itu bersifat nirlaba atau tidak berorientasi pada keuntungan. “Memang semata ditujukan untuk kepentingan penyelamatan atau pelestarian hutan dan lingkungan, juga untuk mengatasi perubahan iklim,” kata Julian. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya