Daftar Mobil-mobil Gacoan ATPM yang Meluncur di IIMS 2014

Indonesia International Motor Show ( IIMS ) 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pameran mobil terbesar di Tanah Air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan pun terus digeber Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selaku pihak penyelenggara acara tersebut.

Acara yang berlangsung pada 18-28 September mendatang di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, ini akan menempati lahan seluas 83.137 meter persegi, atau naik 10 persen dibanding luas lahan yang digunakan untuk pameran tahun lalu.

IIMS 2014 akan kembali di-endorsement langsung dari Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA), organisasi internasional pembuat kendaraan bermotor yang didirikan di Paris 95 tahun lalu. OICA menaungi lebih dari 16 pameran otomotif di dunia pertahunnya.

Lantaran masuk dalam wilayah subur penjualan kendaraan di Asia Tenggara, banyak produsen mobil ambil bagian dan berlomba-lomba menyiapkan berbagai "senjata" andalan terbarunya untuk merebut hati calon konsumen di acara tersebut.

Tak sekedar alasan itu, kehadiran sejumlah produk terbaru juga menggambarkan, jika mereka tak ingin tergilas dalam persaingan sengit penjualan kendaraan roda empat di Indonesia.

Meski belum dimulai, para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Tanah Air sudah bersuara membocorkan gacoan-gacoannya di IIMS 2014. Entah, sekedar strategi, atau bagian dari gengsi terhadap ATPM lain, yang pasti hawa panas kian kentara.

"IIMS merupakan pameran otomotif terbesar yang menjadi acuan para pelaku industri otomotif di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. IIMS adalah jendela yang memperlihatkan kemajuan perkembangan industri otomotif Indonesia. IIMS tidak hanya ditujukan kepada konsumen domestik, tetapi juga menjadi barometer tren industri otomotif kita di mata dunia," ujar Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR.

Berdasarkan data Gaikindo, sebanyak 29 merek kendaraan penumpang (passanger cars) dipastikan bakal meramaikan perhelatan akbar ini.

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Mereka yakni, Alfa Romeo, Audi, BMW, MINI, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Jeep, Chrysler, Dodge, FIAT, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Smart, Renault, Hyundai, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Infiniti, Suzuki, Subaru, Toyota, Tata Motors, dan VW.

Selain kendaraan penumpang, sebanyak tujuh merek kendaraan komersial (commercial vehicle) juga bakal meramaikan IIMS 2014. Mereka yakni, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks.

SUV anyar


IIMS dianggap sebagian ATPM, sebagai momentum jitu untuk menetaskan kendaraan-kendaraan terbaru mereka. Hingga berita ini dibuat, terdata sudah ada 18 mobil yang bakal meluncur di acara itu. Belasan mobil ini rencananya bakal diluncurkan oleh 12 ATPM.

Salah satu jenis kendaraan yang bakal menjadi pusat perhatian pengunjung IIMS 2014, yakni hadirnya beberapa mobil-mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Salah satunya Honda HR-V.

Meski belum meluncur, mobil yang di negeri Sakura, Jepang, akrab disapa Vezel ini sudah ramai dipergunjingkan khalayak luas di dalam negeri. HR-V digadang-gadang Honda bakal menantang kedigdayaan Nissan Juke, dan dominasi Rush, Terios, dan yang terbaru, EcoSport.

"Ini produk baru, bukan low SUV, tapi new SUV. Namanya bukan Vezel, tetapi kami sebut Honda HR-V," kata Jonfis Fandy, Marketing and After Sales, Service, Director PT HPM.

Jonfis menyatakan, Honda HR-V merupakan sebuah gabungan antara utility MPV, personal crossover coupe, safety, dan diklaim bakal setangguh SUV.

"Kualitas berbeda dengan SUV lain, namun serasa mobil sedan," ucap Jonfis.

Honda HR-V yang akan dijual di pasar nasional tersedia dua varian mesin yaitu 1.5 liter i-VTEC dan 1.8 liter i-VTEC. Mobil yang bakal diproduksi di Karawang, Jawa Barat ini akan menggunakan basis dari Jazz.

Kendati belum secara resmi disampaikan, namun harga yang terdaftar di situs pelayanan Samsat PKB-BBNKB Polda Metro Jaya, menuliskan nilai jual Honda HR-V Rp184 sampai Rp268 juta.

Selain Honda, Nissan juga menyatakan bakal memboyong SUV jagoannya, All New X-Trail yang pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show (TMS), November 2013 lalu.

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Menurut General Marketing Strategy & Public Relations PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Budi Nur Mukmin, generasi terbaru SUV menengah ini dipercaya Nissan bakal mendongkrak penjualan produk-produknya di Indonesia.

All New X-Trail akan mendapat penyegaran di segala sektor, mulai eksterior, interior, hingga jantung pacunya. "Dengan SUV baru ini ditargetkan penjualannya akan jauh dari sekarang. Bahkan, bisa naik tiga kali lipat," kata Budi.

All New Nissan X-Trail tampil dengan desain lebih lonjong ketimbang generasi sebelumnya yang masih "boxy". SUV ini dibekali mesin MR20DD, 2,0 liter, 4-silinder transmisi CVT. Dengan mesin tersebut, mobil ini memiliki 149,03 PS dengan torsi 210 Nm. Beberapa kelengkapannya antara lain mode eco dan tombol start/stop.

Soal harga, Nissan masih menutup keran informasi rapat-rapat. "Bicara harga, pokoknya bakal kompetitif dan sesuai dengan apa yang ditawarkan," tuturnya.

Namun, karena All New Nissan X-Trail 2014 rencananya hadir untuk menantang Honda CR-V dan Isuzu MU-X yang belum lama ini diluncurkan, harganya diperkirakan banyak pihak ada di angka Rp387-450 juta.

Perusahaan Jeep juga tak mau ketinggalan untuk merebut perhatian calon pengunjung IIMS 2014. Perusahaan multinasional yang bermarkas di Toledo, Ohio ini menyatakan bakal meluncurkan SUV Renegade. Jenis ini menjadi model paling mungil di antara saudara-saudaranya; seperti Jeep Compass, Cherokee, dan Wrangler.

Chief Executive Officer PT Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah, mengatakan, mobil ini bakal menciptakan pasar baru di kelas small SUV.

"Renegade yang kami pasarkan mengusung mesin 1,4 turbo sembilan-speed. Ini pasarnya agak beda," kata Memed panggilan akrab Muhammad Al Abdullah.

Lebih lanjut, dia menuturkan, Jeep ini akan memiliki harga lebih miring alias murah ketimbang kakak-kakaknya yang saat ini beredar. "Harga sekitar Rp400 jutaan, ini bakal membuka segmen baru, yaitu small SUV Premium, dan akan menjadi produksi masif dari segi volume," jelas Memed.

Hadirnya Jeep Renegade di Indonesia nanti, Memet berharap, dapat meningkatkan penjualan PT GIG yang menaungi tiga brand ternama, Chsyrler, Jeep, dan Dodge di Tanah Air.

Jeep Renegade mengusung dua pilihan mesin yaitu 1,4 liter turbo dan 2,4 liter yang dikawinkan transmisi manual dan otomatis sembilan-percepatan. Untuk varian pertama mengusung mesin 1,4 liter 4 silinder turbocharged bertenaga 160 Hp dan torsi 184 lb-ft.

Sementara itu, varian tertingginya mengusung mesin kapasitas 2,4 liter yang menghasilkan tenaga 184 Hp. Keduanya dikawinkan dengan transmisi manual dan sembilan percepatan otomatis.

Perang mobil Jepang

Dari jumlah peserta yang hadir di IIMS 2014, perusahaan mobil asal Jepang terlihat mendominasi. Di Tanah Air, mobil-mobil buatan Jepang memang masih menjadi primadona masyarakat, lantaran kualitas yang mumpuni dan tak boros soal bahan bakar.

Honda sepertinya bakal menjadi produsen mobil yang bakal memamerkan banyak kendaraannya dalam IIMS 2014. Perusahaan itu mengonfirmasi bakal menghadirkan beberapa mobil di booth-nya. Namun, kendaraan Honda yang dipastikan bakal meluncur di IIMS 2014 ialah Honda HR-V.

Nissan pun tak mau kalah. Selain All New X-Trail, perusahaan itu juga mengaku bakal memboyong mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) All New Elgrand.

General Marketing Strategy & Public Relations PT NMI, Budi Nur Mukmin, mengatakan, All New Elgrand juga diharapkan pihaknya akan menjadi daya tarik tersendiri, sehingga penjualan Nissan semakin meningkat.

Mobil ini dikatakan merupakan penyegaran dari edisi yang sudah beredar saat ini.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Bicara perubahan, sisi esteriornya mendapatkan ubahan di bagian headlights serta bumper dan gril depan yang ditaburi krom agar dapat
memancarkan tampilan 'wah' dan mewah.

Selain itu, headlights yang dilengkapi dengan Active Adaptive Front-Lihting System terinspirasi dari teknologi LED mampu memberikan penglihatan yang tajam di malam hari maupun disaat hujan. Kesan mewah juga tercermin dengan desain baru velg alumunium alloy berukuran 18-inci dengan sentuhan multi spoke.

Mazda juga tak mau ketinggalan dengan menyiapkan mobil hatchback yang disebut Hazumi atau populer dengan nama All New Mazda2.

Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijani mengatakan, mobil ini mengalami perubahan di segala sektor, dan dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. “All New Mazda2 akan ditampilkan perdana di IIMS 2014 untuk kawasan ASEAN,” kata Astrid.

Demikian juga dengan Suzuki. Perusahaan dengan logo huruf S ini rupanya akan menggebrak IIMS 2014 dengan menampilkan tiga mobil baru; Suzuki Celerio, SX-4, dan Hustler.

“Kita akan display ketiganya, semua itu mobil mass produksi, bukan hanya konsep. Tetapi kita hanya pamerkan saja belum dijual," kata Seiji Itayama, 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Selain itu, Suzuki juga akan menambahan line up terbaru di kelas mobil murah dengan meluncurkan varian terbaru yaitu Wagon R GS. Varian ini disebut-sebut tipe tertinggi. Selisih harganya mencapai Rp700 ribu dari tipe paling tinggi sebelumnya.

Sementara itu, dari Mitsubishi, perusahaan berlambang Tiga Berlian ini akan menghadirkan satu mobil AR Concept dan meluncurkan MPV Delica.

Untuk AR Concept, menurut Mitsubishi bukanlah sebuah MPV biasa, melainkan mobil yang mirip menganut sebuah crossover. Akan tetapi, mobil ini juga diklaim menawarkan kelegaan sebuah kabin MPV dan juga kemampuan jelajah, laiknya sebuah SUV.

Sedangkan MPV Delica, digadang-gadang siap menjadi lawan tangguh Toyota Nav1. Mobil ini juga dikatakan akan mengacaukan kedigdayaan sejumlah pemain lama, seperti Mazda Biante, dan juga Nissan Serena.

Mobil konsep

Mobil konsep adalah purwarupa kendaraan yang sengaja dibuat untuk memamerkan gagasan-gagasan baru dalam hal model, teknologi, dan lain sebagainya.

Mobil konsep seringkali ditampilkan dalam pameran-pameran mobil untuk mengetahui reaksi calon-calon pembeli terhadap rancangan-rancangan baru yang radikal, yang mungkin akan diproduksi, mungkin juga tidak.

Langkah inilah yang tengah ditempuh beberapa ATMP di Tanah Air menyambut euforia IIMS 2014. Seperti halnya Daihatsu yang mengaku bakal menghadirkan enam mobil konsep.

"Kami tidak meluncurkan produk baru (IIMS 2014). Kita akan hadirkan enam mobil konsep, seperti SUV, UFC-3 (Ultra Function Compact), AylaGT2, CUV-2, dan dua unit Copen yang memiliki desain sporty & classy sebagai compact car," kata Agus Nardianto, Head Public Relation PT Astra Daihatsu Motor.

Meski masih konsep, Daihatsu tak menampik jika di masa depan, mobil konsepnya akan diproduksi dan dijual di Indonesia.

Bukan cuma Daihatsu, 'raja' otomotif di Tanah Air, Toyota, juga bakal menampilkan tiga mobil konsepnya, yakni FCV (Fuel Cell Vehicle), FV (Fun Vehicle) 2, dan mobil sport FT-1.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Rachmat Samulo, mobil konsep FCV merupakan mobil berbahan bakar hidrogen yang dikombinasikan dengan teknologi hibrida.

"FV2 lebih personal, karena mobil tersebut memiliki LED yang dapat menampikan 'mood' pengendaranya," ucap Samulo.

Ada pun untuk Toyota FV1 memang pernah ditampilkan di IIMS tahun lalu. Mobil ini merupakan salah satu mobil konsep super sport dari Toyota.

Selain mobil konsep, Toyota juga dikabarkan akan menghadirkan Toyota RAV4 (4x2) terbaru dari Jepang, yang akan dipasarkan secara terbatas di Indonesia.

Perusahaan baru yang dinaungi Nissan, Datsun Indonesia juga turut ambil bagian dalam hal mobil konsep. Setelah meluncurkan Datsun GO+Panca dan Datsun GO+ tipe Hatchback, pihaknya akan memperkenalkan Redi-Go Concept.

Redi-Go Concept memang pernah 'nimbrung' di New Delhi Auto Expo 2014, India, Februari lalu. Mobil ini disebut-sebut sebagai mobil kecil gabungan antara hatchback dan crossover.

Redi-GO Concept merupakan model lima pintu, dengan wheelbase 2.350 mm dan memiliki gril khas Datsun D-Cut  pada bagian depan. Lampu depan dibuat sedikit lancip, plus lampu LED di bemper. Sedangkan lampu belakang, didesain lebih melekuk ke sisi bodi. Namun, Datsun belum menginformasikan bagian mesinnya.

Berikut dafar mobil yang bakal hadir di IIMS:

1. Honda : New HR-V

2. Suzuki : Suzuki Celerio, Hustler, dan Wagon R GS

3. Toyota : FCV, FV2, dan mobil sport FT-1

4. Nissan: All New X-Trail, dan All New Elgrand

5. Daihatsu : SUV, UFC-3, AylaGT2, CUV-2, dan dua unit Copen

6. Datsun: Redi-Go Concept

7. Mitsubishi : AR Concept, dan Delica

8. Infiniti : Q50

9. Renault: Renault Duster 4x4, dan Captur Crossover

10. Mazda : All New Mazda2

11. Subaru : Subaru WRX, dan Subaru XV STi

12. Jeep : Jeep Renegade

13. Mercedes-Benz : C-Class, dan GLA Crossover

14. Tata Motor : Tata Nexon, SUV Concept, Tata Zest, Tata PRIMA 4023 & Tata Prima 4028, Tata Xenon CNG, dan Tata Aria A/T

15. Alfa Romeo: Giuletta

16. Chevrolet : Cruze Sport6

17. BMW : X4

18. Ford : Tidak luncurkan model baru di IIMS

Perusahaan yang belum konfirmasi model baru:

1. Jaguar

2. Land Rover

3. Audi

4. VW

5. Chrysler

6. Hyundai

7. Smart

8. MINI

9. Dodge

10. Fiat

11. KIA

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya