Tunggangan Mewah Menteri Jokowi

Mercedes-Benz S300L.
Sumber :
  • www.imgsou.com

VIVAnews - Para menteri di bawah pimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla sepertinya bakal tersenyum lebar. Meski 'barisan pasukan' itu belum terbentuk, namun tunggangan mereka rupanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum pelantikan dihelat.

Ya, para menteri di kabinet Jokowi-JK dipastikan bakal mendapatkan kendaraan dinas mewah. Sekretariat Negara dalam situs resminya setneg.go.id telah mengumumkan jika mobil yang akan dibesut para pembantu presiden nanti bermerek Mercedes-Benz.

Untuk mendukung rencana tersebut, Setneg bahkan menyebutkan telah menganggarkan dana sebanyak Rp104,4 miliar.

Dari berita acara evaluasi dokumen penawaran Nomor BA-06/PPBJ-PKMPSM/08/2014, tanggal 26 Agustus 2014, produsen otomotif asal Jerman itu disebutkan menjadi pemenang tender pengadaan mobil dinas untuk menteri, atau pejabat setingkat menteri dengan harga penawaran setelah klarifikasi dan negosiasi senilai Rp91,9 miliar.

Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, menyatakan, pihaknya kini mengaku tengah mempersiapkan mobil-mobil itu. “Prosesnya sedang berjalan,” ucap Sudi.

Menurut Sudi, Pemerintahan SBY berkewajiban mempersiapkan kendaraan operasional untuk pemerintahan berikutnya. Pengadaan ini dikatakan menjadi salah satu tugas yang harus diselesaikan pada masa transisi pemerintahan.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Dia pun memastikan, proses pengadaan mobil mewah itu transparan dan telah melalui tender yang benar. “Tentu prosesnya transparan dan akuntabel,” ucap Sudi.

Meski belum membeberkan Mercy jenis apa yang bakal ditunggangi para menteri baru nanti, Sudi menyatakan jika mobil yang bakal menjadi kendaraan dinas para menteri era Jokowi-JK lebih murah dibandingkan mobil Toyota Crown Royal Saloon yang dipakai menteri saat ini.

Setneg menganggarkan pembelian mobil pabrikan Jerman ini sesuai dengan jumlah pejabat di kabinet Jokowi. "Jumlah unitnya sesuai pejabat negara dan lembaga negara seperti yang selama ini," ucapnya.

Saat disinggung spesifikasi, anggaran dan tipe mobil tersebut, Sudi mengaku lupa. "Tipenya saya tidak hapal. Tapi yang jelas itu yang termurah. Kalau tidak salah Mercy harganya itu jauh di bawah. Sekali lagi itu produk dalam negeri," tuturnya.

Mercedes-Benz S300L?

Pernyataan mengejutkan datang dari Pengamat Anggaran Politik, Uchok Sky Khadafi. Menurutnya, mobil yang bakal ditunggangi para menteri baru itu yakni Mercedes-Benz seri S300L.

Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) itu mengatakan, pernyataan Sudi yang mengklaim jika mobil menteri Jokowi lebih murah dari Toyota Crown Royal Saloon tidaklah benar.

Pasalnya, dari perhitungan yang dilakukannya, harga mobil yang diperuntukkan bagi para menteri baru itu jauh lebih mahal.

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

"Perkiraan saya, mobil Mercedes-Benz yang akan digunakan oleh menterinya Jokowi harganya di atas mobil Toyota Royal Saloon. Dimana pada tahun 2009, Pemerintah SBY membeli Toyota Crown Royal Saloon tipe G. Harga Crown waktu itu berada di kisaran Rp1,2 miliar sampai Rp1,3 miliar," tutur Uchok kepada VIVAnews.

"Jadi, mobil yang akan dibeli itu yang di atas Toyota Crown Royal Saloon, kemungkinan adalah mobil Mercedes-Benz tipe S300L dengan banderol Rp1,8 miliar," tambahnya.

Jika berdasarkan pagu anggaran yang sudah disediakan oleh Setneg sebesar Rp104,4 miliar dan Harga Perkiraan Sendirian (HPS) yang ditawarkan sebesar Rp101,1 miliar, maka dipastikan akan ada 51 mobil Mercedes-Benz S300L yang akan diboyong Setneg.

"Kalau dibagi harga pemenang lelang sebesar Rp91,9 miliar dibagi harga mobil sebesar Rp1,8 miliar, maka akan ada 51 unit Mercedes-Benz S300L," beber Uchok.

Ia pun mengkritik langkah yang ditempuh Setneg dalam pengadaan mobil ini. Menurutnya, harga pembelian Mercedes-Benz ini terlalu mahal dan kelewat mewah. "Lebih baik tetap pakai mobil yang lama saja. Katanya Jokowi merakyat, kok mobil menteri mewah banget," ungkapnya.

Pernyataan senada juga dilontarkan Pengamat Otomotif, Bebin Juwana. Menurutnya, mobil yang bakal dibesut para menteri era Jokowi ialah berjenis S Class.

Meski tidak menyebut secara rinci apa jenis yang bakal dipilih, ia menuturkan jika S Class selalu dipercaya untuk dibesut para petinggi negara.  "Tipe ini (S Class) punya brand yang bagus. Bahkan, jenis ini juga digunakan sejumlah kepala negara di beberapa negara; baik di Eropa, Afrika, dan juga Asia. Demikian juga di China," sebut Bebin kepada VIVAnews.

Tak hanya bicara nama besar, model ini juga dikenal memiliki banyak keunggulan. Selain tangkinya tahan dari ledakan, pintu mobil jenis ini terkenal tidak akan bisa dibuka paksa dari luar.

Jika pun dikatakan Mensesneg akan dirakit di Indonesia, mobil jenis ini tetap akan berbasis pabrikan asli. "Tinggal nantinya dibuat berdasarkan standar yang diinginkan pemerintah baik berdasarkan teknologi atau juga engine-nya atau tidak," tutur Bebin.

Keistimewaan S300L

Mobil jenis ini memang termasuk kelas mewah dari Mercedes-Benz. Mobil-mobil ini sering dipergunakan di beberapa negara bagi para kaum berkocek tebal.

Seperti dilansir di situs resmi www.mercedes-benz.co.id, model S300L merupakan salah satu mobil luxury. Benda bergerak ini menawarkan mesin V6 3.000cc yang dapat melontarkan tenaga hingga 231 ps dan torsi 221 Nm. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan gearbox otomatis tujuh-percepatan.

Soal akselerasi, Mercy S300L dapat melesat dari kecepatan 0-100 kpj dengan kurun waktu 8,3 detik dan kecepatan maksimum 245 km.

Generasi entry-level ini disebutkan sangat cepat saat mesin berada di putaran bawah. Dengan tenaga yang responsif, S300L dapat setiap saat berliku cepat di tikungan tajam seperti halnya mobil sport.

Mobil ini diklaim tak akan bergetar saat melesat di jalanan tak bersahabat. Hal ini terjadi lantaran suspensi depan S300L telah mengadopsi 4-link Full Air Suspension with level control & torsion bar stabilizer. Sementara suspensi belakangnya menganut Multi-link Full Air Suspension with level control & torsion bar stabilizer.

Bicara interior, mobil ini sengaja didesain luas dan tenang. S300 L dijejali dengan kursi kulit, ornamen kayu yang elegan, dan tekstur berkualitas tinggi.

Mobil ini juga dilengkapi enam-speaker dengan sistem infotainment Bluetooth. Sementara keselamatan, sembilan airbag didaulat untuk menjaga sang pembesut saat terjadi benturan.

S300L juga diklaim telah memenuhi badan keselamatan internasional dengan kelengkapan rem ABS, dan sensor parkir.

"Mobil ini anti bising, dan getaran keras. S300L merupakan mobil yang dapat memberikan pengalaman mewah. Mobil ini memiliki visibilitas yang baik, dan cocok untuk membelah jalanan di kota-kota," sebut Mercedes-Benz dalam situs resminya.

Hebat mana?

Mobil dinas menteri era SBY dipastikan bakal segera dilengserkan. Kendaraan jenis Toyota Crown Royal Saloon yang menemani aktivitas para menteri lima tahun belakangan itu akan segera digantikan perannya dengan Mercedes-Benz S300L.

Bicara spesifikasi, sebenarnya mobil yang dibanderol Rp1,2 miliar itu tak kalah hebat dengan Mercedes-Benz S300L.

Saat peluncuran tipe Crown pada awal 2008 lalu, Toyota mengklaim jika Royal Saloon sangat hemat bahan bakar. Untuk satu liter BBM, mobil ini sanggup menempuh jarak 12 kilometer, sama seperti halnya mobil terpopuler di Indonesia, Toyota Avanza.

Toyota Crown Royal Saloon ini sekelas dengan BMW Seri 5 (530), Mercedes E-Class, dan Audi A6 (dari Jerman). Adapun di Jepang, kompetitornya adalah Honda Legend, dan Nissan Fuga. 

Dalam strata keluarganya, Crown termasuk mobil yang berada di kelas paling bawah. Pemegang kasta tertinggi dipegang Century, kemudian Majesta, Crown Athlete, lalu baru Royal.

Kendati demikian, Royal Crown lansiran 2009 yang digunakan menteri kabinet SBY jilid merupakan salah satu sedan mewah canggih dan terlengkap di kelasnya. Mobil ini menawarkan dua versi mesin, yakni V6 berkapasitas 2,5 liter, dan V6 berkapasitas 3,0 liter.

Mobil ini dilengkapi dengan sistem navigasi satelit 3D yang dikendalikan oleh G-BOOK. Ini merupakan fitur khas yang hanya dimiliki Crown.

Dengan fitur tersebut, peredaman suspensi bekerja secara otomatis sesuai dengan kondisi permukaan jalan.

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Misalnya, jika ada lubang atau polisi tidur, maka peredam suspensi akan berubah. Begitu juga ketika membelok. Pengemudi tak perlu repot menekan tombol. Inilah kehebatan teknologi yang disebut Toyota dengan VDIM atau Vehicle Dynamics Integrated Management.

Bahkan, perpindahan gigi bisa diatur sendiri. Komputer mobil akan mengaktifkan efek pengereman mesin ketika mendekati gerbang tol. Radar yang digunakannya sangat presisi dan bisa mengukur sampai ke tingkat milimeter.

Mobil ini juga memiliki fitur night vision system yang mendeteksi pejalan kaki melalui kamera inframerah jarak dekat. Tambahan lain adalah intelligent parking assist system untuk membantu pengemudi agar mudah parkir dengan berbagai posisi, utamanya parkir sejajar. Bahkan, pengemudi diberi tahu lewat suara jika putaran setir terlalu banyak.

Jokowi menolak

Meski mobil terbaru menterinya telah dibeli, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyatakan menolak mentah-mentah langkah tersebut.

Menurut Jokowi, ia lebih memilih jika menteri-menteri di kabinetnya nanti menggunakan mobil lama bekas menteri sebelumnya, dan bukan Mercedes-Benz yang baru saja dibeli oleh Setneg.

"Sudah pernah saya usulkan ke Setneg. Dulu kan saya sudah pernah ditelepon. Saya bilang pakai saja yang lama, masih bagus-bagus," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, ia menginginkan anggota-anggota di kabinet pemerintahannya nanti lebih memprioritaskan efisiensi anggaran dalam operasional sehari-harinya, bukan bermewah-mewahan dengan selalu menggunakan fasilitas baru.

"Untuk efisiensi, pakai saja yang lama. Tapi ya (pengadaan) itu masih belum jadi wilayah saya," ucap Jokowi.

Jokowi mengaku belum memikirkan rencana yang akan dilakukannya terhadap mobil-mobil yang sudah terlanjur dilakukan pengadaannya.

"Ya yang sudah dibeli itu enggak apa-apa. Itu nanti dipikirkan lagi. Jawaban saya tetap enggak usah beli mobil baru," ucap Jokowi. (adi)

Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024