Pertarungan Sedan di IIMS 2014

Indonesia International Motor Show ( IIMS ) 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Perhelatan bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 sudah di 'pelupuk' mata. Pameran otomotif terbesar di Tanah Air yang digelar ke-22 kalinya itu dipastikan akan menyuguhkan berbagai kendaraan-kendaraan inovatif yang syarat teknologi terbaru.

Tak heran jika kemudian acara yang bakal digelar 18-28 September di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat itu kian dinanti para pemburu mobil dan pecinta otomotif, baik dalam, maupun luar negeri.

Untuk memantapkan langkah, Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) selaku penyelenggara acara terus berbenah diri mempersiapkan segala sesuatunya. Hal itu ditempuh agar IIMS dapat terus menampakkan pengaruhnya, seperti halnya pameran otomotif berskala dunia; yakni Geneva, Frankfurt, Detroit, dan Paris Motor Show.

"Pameran kendaraan tahunan ini bukan sebagai ajang jualan semata, namun memperlihatkan teknologi industri otomotif dalam negeri. Tujuannya agar pasar luar negeri bisa tahu, bahwa perkembangan teknologi industri otomotif Indonesia sudah meningkat signifikan," terang Ketua Gaikindo, Sudirman MR.

Dirinya berharap, dengan adanya IIMS ini akan membantu jualan para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Tanah Air. Hingga akhir tahun, pihaknya berharap penjualan mobil dapat memenuhi target, yakni sebanyak 1.250.000 unit, atau meningkat sekitar dua-tiga persen dibandingkan 2013 lalu, 1.229.000 unit.

"Dari target sebanyak 1.250.000 unit, diperkirakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) menyumbangkan penjualan sekitar 30 persen, dan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) sebesar 15 persen," tuturnya.

Sudirman juga menyatakan, peserta IIMS 2014 diikuti 36 merek kendaraan. Seluruh merek terdiri dari 29 kendaraan penumpang dan tujuh kendaraan komersial. "Apabila tidak ada keterbatasan lahan, maka peserta yang ikut akan lebih banyak," ujarnya.

Perang gengsi sedan Jepang

Meskipun MPV atau minibus merupakan bentuk mobil yang paling laris di Indonesia, namun tidak membuat pasar sedan Tanah Air minim persaingan. Di IIMS 2014 nanti, sudah ada sejumlah pabrikan mobil yang siap menyodorkan model terbaru, serta perubahan ringan.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Persaingan pun diprediksi tidak bakal kalah panas dengan segmen mobil lainnya; seperti hatchback, city car, SUV (Sport Utility Vehicle), dan MPV.

Beberapa sedan yang bakal "unjuk gigi" di antaranya datang dari Negeri Sakura, Jepang. Sebagai mobil yang menjadi primadona di kalangan masyarakat, sejumlah produsen menyatakan sudah menyiapkan bomber-bomber andalannya.

Honda

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Honda All New Civic di IIMS 2013 [foto ilustrasi]

(Honda All New Civic di IIMS 2013/Foto: Anhar Rizki/VIVAnews)

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Seperti halnya Honda yang bakal memperkenalkan Honda Civic terbaru. Mobil ini dikatakan akan mengalami sedikit penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya.

"Untuk Civic itu nanti ada pembaruan sedikit, ada perubahan nanti
kita perkenalkan di IIMS," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Menurut Jonfis, langkah-langkah semacam facelift kini kian rutin dilakukan untuk sejumlah lini produk demi menciptakan penyegaran di mata konsumen.

Lebih jauh disebutkan Jonfis, pembaruan pada Civic hanya akan merambah sektor eksterior dan interiornya saja. Terkait dapur pacu, Jonfis enggan berkomentar lebih jauh.

Namun, melihat siklus produksinya yang belum lama diluncurkan di Indonesia, sektor mesin sepertinya masih akan dipercayakan pada mesin berkapasitas 1,8 liter dan 2,0 liter berbahan bakar bensin.

Toyota

Toyota Camry 2015.

(Toyota Camry 2015/Foto: Inautonews)

Sama halnya dengan Honda, Toyota di perhelatan IIMS 2014 menyatakan kesiapannya untuk ambil bagian dalam 'kenduri' akbar tersebut. Toyota memastikan bakal memboyong 35 produk andalannya, termasuk tiga mobil masa depan yang masih konsep.

Bicara sedan, Toyota akan menghadirkan Camry versi hybrid yang belum lama ini juga dipajang di Moscow Motor Show 2014. Versi global 2015 ini hadir dengan platform yang sama. Penyegaran versi global dari sedan laris ini rupanya menampilkan desain yang lebih konservatif ketimbang versi lainnya yang dijual di kawasan Amerika Utara.

Camry terbaru mengalami banyak penyegaran dan terkesan lebih sporty serta lebih mewah. Hal itu kentara pada bagian depannya yang mengadopsi fasia lebih tebal dengan gril ramping disentuh krom dan diapit lampu LED daytime running lights.

Penyegaran eksterior juga terlihat pada bagian bumper dengan air scoop (aliran udara ke kolong mobil) berukuran besar, lengkap dengan foglamp bulat di sisi-sisinya.

Interiornya, sebagian besar diboyong dari versi lamanya. Namun, perubahan jelas ada pada setir palang tiga, instrument cluster, dan center console baru. Selain itu nampak meter cluster yang menampilkan new backlight instrument panel. Pada bagian infotainmen, terpasang touchscreen 4,2 inci di tengah.

Jantung mekanis Camry 2015 rupanya tidak mendapatkan sentuhan penyegaran. Mobil ini masih mengusung mesin 2.500 cc empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga gabungan sebesar 205 PS (202,11 bhp) dan torsi 270 Nm. Di Jepang, mobil ini dijual dengan banderol ¥3.207.600 atau setara Rp355 jutaan.

Toyota FCV konsep.

(Toyota FCV/Foto: Caranddriver)

Selain Camry Hybrid, Toyota juga akan menghadirkan sedan ramah lingkungan yang masih berupa konsep, yakni FCV.

Vice President Director TAM, Suparno Djasmin, menyatakan, meski FCV berbahan hidrogen, sedan ini mengusung teknologi hybrid yang dapat mengisi tenaga dan disimpan menggunakan baterai yang diubah menjadi tenaga listrik.

Toyota FCV dilengkapi lampu utama berteknologi LED, daytime running lights (DRL), bumper depan dan gril besar, ditambah lubang udara besar dan lampu kabut warna merah.

"Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 10 detik. FCV juga sanggup menempuh jarak hingga 482 kpj. Namun untuk memproduksinya, harus ada ketersedian infrastruktur dan dukungan pemerintah," ujar Suparno.

Subaru

Produsen mobil yang diambil dari nama gugus bintang ini tak mau ketinggalan untuk larut dalam euforia IIMS 2014.

Subaru menyatakan akan menampilkan jajaran produk terbaiknya, salah satunya ialah sedan Subaru WRX STI.

2015 Subaru WRX STI

(Subaru WRX STI/Foto: Carreviewtoday)

"Kami akan memberikan kejutan dengan menghadirkan model terbaru. Dalam motor show (IIMS) nanti, kita akan meluncurkan Subaru WRX STI," ujar Tjahjadi Nirjana, Deputy GM Sales Subaru Indonesia.

Lebih lanjut Tjahjadi mengatakan, Subaru WRX STI merupakan sedan sport berperforma dahsyat dari Subaru. Model ini akan menjadi pesaing model BMW dan Mercedes-Benz yang berada satu kelas.

Mobil ini diketahui memang merupakan tipe mobil sedan sport tertinggi yang dimiliki Subaru saat ini. WRX STI hadir dengan mesin baru yang dipasang dalam rangkanya. WRX dijejali mesin dengan kapasitas 2.0 liter turbocharge lengkap di dalamnya dengan empat silinder dan mengusung teknologi injeksi.

Sistem injeksi dari mobil Subaru WRX STI 2014 ini juga langsung disatukan dengan sistem transmisi enam percepatan CVR. Tenaga yang dapat dihasilkan oleh varian mobil sedan sport dari Subaru ini adalah mampu mengeluarkan energi sebesar 271 PS dan torsi puncak sebesar 350.

Desainnya sendiri hadir lebih prima ketimbang versi terdahulunya. Tentunya, poin ini akan menambah nilai plus dari spesifikasi Subaru WRX STI 2014.

"Untuk detilnya nanti datang saja ke booth IIMS, kami akan membuka detil dan juga harganya," pungkasnya.

Tata Motors

Hiruk-pikuk IIMS 2014 juga akan diramaikan dengan kehadiran perusahaan mobil asal Negeri Bollywood, Tata Motors.

Melalui Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), selaku distributor kendaraan Tata Motors di Tanah Air, produsen mobil itu mengaku akan menyodorkan sedan Tata Zest.

Tata Zest

(Tata Zest/Foto: Thehindubusinesline)

Menurut Biswadev Sengupta, President Director TMDI, sedan dari India itu dipastikan akan menggoda para pengunjung IIMS. “Tata Motors akan hadirkan kendaraan yang stylish, modern dengan teknologi terkini," ungkapnya.

Pernyataannya mungkin beralasan mengingat jantung pacu yang dibekali Tata Zest dipasangi mesin bensin Revotron 1.2-liter turbo Multi-point Fuel Injection (MPFi). Mesin Revotron diklaim telah diracik bersama banyak konsultan dan suplier dunia untuk memberikan performa terbaik dalam urusan tenaga, torsi dan efisiensi BBM.

Untuk menguji mesin revolusioner ini, Tata Zest bahkan diuji coba lebih dari 300 ribu jam. Mesin Revotron diklaim dapat memuntahkan tenaga 90 hp pada 5.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 1.750-3.500 rpm.

Sementara konsumsi bensinnya, yakni 17,6 km per liternya. Mesin itu kemudian dikawinkan dengan transmisi lima-percepatan Automated Manual Transmission (AMT), yang memiliki mode perpindahan gigi Automatic dan Sequential.

Desain Tata Zest terlihat modern dan elegan berkat menganut filosofi “Confident Dynamism”. Secara keseluruhan bentuknya membulat. Lampu-utama proyektor kelilingi LED dan diperkaya oleh LED Daytime Running Lights, termasuk lampu belakangnya.

"Adu sikut" sedan Eropa


Gurihnya penjualan dan perkembangan otomotif di Tanah Air rupanya turut memantik para "jawara" otomotif Eropa untuk ikut menyodorkan dagangannya. Demi meraup ceruk laba yang besar, mereka nekat menghadirkan sejumlah senjata, meski dengan banderol yang terbilang mahal.

Infiniti

Seperti halnya yang dilakukan Infiniti dengan Q50. Sedan premium yang terkenal akan kedinamisan dalam berkendara ini disebutkan tetap mengedepankan unsur kemewahan. Mobil yang dihadirkan yakni bermesin turbo dan hybrid.

2014 Infiniti Q50

(Infiniti Q50/Foto: Cars.findthebest)

"Bisa dipastikan Q50 meluncur di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 nanti," ucap R.I Hana Maharani, Manager Communications PT Nissan Motor Indonesia.

Menurutnya, Q50 digadang-gadang akan berada di kelas yang sama dengan Mercedes-Benz C-Class dan BMW Seri-3.

Infiniti Q50 varian turbo diperkirakan akan menggunakan mesin empat silinder, 2.0 liter turbo yang bertenaga 208 hp pada 5.500 rpm dan torsi 350 Nm pada 1.250 rpm hingga 3.500 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke transmisi otomatis tujuh percepatan dengan Adaptive Shift Control dan Downshift Rev Matching dengan fungsi pengendaraan manual.

Sedangkan varian hybrid diperkirakan menggunakan mesin enam silinder, 3.5 liter berteknologi Infiniti Direct Response Hybrid dengan baterai lithium dan motor bertenaga 67 hp. Total hp yang dimiliki 350 hp dengan klaim konsumsi 15.31 kpl.

Audi

Produsen mobil mengengah ke atas asal Jerman, Audi, rupanya punya "jimat" khusus untuk menggebrak perhelatan IIMS 2014. Pabrikan berjargon "keunggulan melalui teknologi" itu akan mengandalkan Audi S3 Saloon 2.0 FSI Quattro.

(Audi S3 Saloon 2.0 FSI Quattro/Foto: parkers.co.uk)

Mobil ini diklaim hadir dengan desain yang mewah serta berteknologi tinggi. Meski harganya berkisar mencapai Rp2 miliar, Audi percaya diri dapat mencuri perhatian kaum berkocek tebal di Indonesia yang menggilai kecepatan dan akselerasi.

Audi S3 Saloon 2.0 FSI Quattro dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.984 cc serta dipadukan dengan teknologi FSI sehingga sanggup menghasilkan tenaga mencapai 295 daya kuda serta torsi puncak 380 Nm pada putaran 1.800-5.500 rpm.

Keunggulan semakin ciamik setelah mobil ini mengusung penggerak empat roda dan memiliki transmisi enam-percepatan S-Tronic.

Fitur berkelas pun dihadirkan sebagai diferensiasi para calon konsumennya dengan menghadirkan adaptive cruise control, Audi MMI, Drive Select, Magnetic Ride, hingga fitur parking assist yang menjadi fitur wajib di dalam Audi S3.

Mercedes-Benz

Merek mewah yang sempat akan menjadi tunggangan para menteri kabinet Jokowi-Jk juga siap beraksi di IIMS 2014.

Mercedes-Benz bakal memamerkan sedan mewah berukuran kompak C-Class dalam bentuk lebih kecil namun lebih mewah dari pendahulunya.

2015 Mercedes-Benz C250 BlueTec

(Mercedes-Benz C250/Foto: Drivers.ca)

Pabrikan yang bermarkas di Jerman ini rencananya menghadirkan C-200 dan C-250. Kedua varian C-Class tersebut sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.991cc empat silinder, namun berbeda output tenaganya.

Varian C200 AVA memiliki tenaga 184 hp pada putaran 5.500 rpm dan torsi maksimum 300 Nm pada rentang 1.200-4.000 rpm. Sedangkan C250 AMG bertenaga 211 hp pada putaran 5.500 rpm, dan torsi maksimum 350 Nm pada rentang putaran yang sama seperti varian Avantgarde.

Keduanya menggunakan transmisi otomatis tujuh-percepatan 7G-Tronic Plus, membuat C200 melesat dari 0-100 km/jam dalam 7,3 detik, dan C250 dalam 6,6 detik.

Varian C200 Avantgarde lebih berkelas dengan tampilan krom pada bumper dan side skirt, velg alloy berukuran 17-inci, dan knalpot di bagian belakang yang tersembunyi. Sedangkan varian C250 AMG, menampilkan kesan sporty.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya