Uji Resmi: Perbandingan Konsumsi BBM Pertalite Vs Premium

Harga Baru BBM
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
- Belum jelas kapan pemerintah lewat PT Pertamina akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) baru, pertalite. Tapi yang jelas, sebuah tes telah dilakukan untuk mengetahui perbandingan konsumsi BBM antara pertalite dan premium.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Uji perbandingan konsumsi BBM antara pertalite versus premium ini dilakukan Pertamina di Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung. Pengujian ini menggunakan mobil Toyota Avanza.
Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya


Hasilnya, seperti yang dilansir situs resmi Toyota, selain penggunaan pertalite pada mobil dapat menambah akselerasi kendaraan, juga membuat lebih irit. Dari data yang ada, konsumsi yang tercatat saat mobil menggunakan premium. yakni 13,64 kilometer per liter.


Sedangkan konsumsi yang tercatat pada mobil uji coba saat menggunakan pertalite adalah 14,78 km/liter. Dengan kata lain, penggunaan bahan bakar pertalite akan membuat lebih irit 1,14 km/liter.


Menurut Tri Yuswidjajanto Zaenuri, staf ahli Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi ITB, lebih iritnya pertalite itu tentu sangat beralasan, mengingat pertalite memiliki Researh Octane Number (RON) yang lebih tinggi.


"Pengguna premium beralih menggunakan pertalite, pasti akan lebih irit. Namun, apabila sebelumnya menggunakan Pertamax RON 92 lebih sering, pasti akan lebih boros," kata Zaenuri.


Sebagai catatan, pertalite merupakan bahan bakar minyak dengan kadar RON 90. Sedangkan premium memiliki RON 88. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya