Jalan Tol Gempol-Pandan Diresmikan, Tarifnya Rp818 per Km

Jokowi di Manokwari, Papua Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Pengamat: Eksekusi Jalan Tol JORR Seksi S Janggal
- Presiden Joko Widodo secara simbolis meresmikan pengoperasian Jalan Tol Gempol-Pandaan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, sore ini.

Kepadatan Arus Lalu Lintas Hanya di Halim-Cikunir
Dalam kesempatan itu Jokowi menegaskan, konektivitas menjadi hal penting untuk dipercepat pembangunannya, khususnya infrastruktur jalan tol. Karena tidak hanya melayani pergerakan manusia tapi juga barang.

Mangkrak, Jokowi Janji Tol Kalimantan Tuntas 2018
"Beroperasinya jalan tol ini diharapkan mampu mengatasi problem kemacetan yang terjadi," ujarnya  di Pandaan, Pasuruan, Jumat 12 Juni 2015.

Dia berharap pada 2018 nanti, seluruh tol di Jawa dapat tersambung. "Hal ini akan menumbuhkan produktivitas dan ekonomi rakyat,” ujarnya. 

Sebagai informasi, jalan tol Gempol–Pandaan dibangun dengan melibatkan pemerintah pusat, daerah, BUMN, dan swasta.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan, jalan tol ini mempunyai panjang 13,61 kilometer dengan total biaya investasi Rp1,472 triliun.

Pengoperasian jalan tol Gempol-Pandaan dilakukan oleh PT Jasamarga Pandaan Tol, yang pemegang sahamnya terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) sebesar 78,58 persen, PT Jalan Tol Kabupaten Pasuruan sebesar 11,48 persen, dan PT Margabumi Matraraya sebesar 9,58 persen. 

Adapun besar tarif awal adalah sebesar Rp 818 rupiah per kilometer. Konstruksi jalan tol ini menggunakan tipe perkerasan kaku (rigid pavement) dengan jumlah lajur 2×2 untuk tahap awal dan 2×3 untuk tahap akhir. 

Selain itu, jalan tol ini juga memiliki 9 jembatan dan 2 simpang susun yaitu Gempol Interchange dan Pandaan Interchange.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya