TUTUP
TUTUP
FOKUS

Awas, Mafia Narkoba Incar Anak TK

Awalnya, bandar memberi cuma-cuma. Jika ketagihan, anak disuruh bayar.
Awas, Mafia Narkoba Incar Anak TK
Barang bukti narkoba. (VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin)

VIVA.co.id - Anak kecil masih menjadi incaran pelaku kejahatan. Setelah menjadi korban di berbagai kasus, kini muncul masalah baru. Anak-anak diperdaya mafia narkoba.

Sadisnya, bandar narkoba ini meracuni anak yang masih sangat kecil yakni anak yang duduk di bangku taman kanak-kanak (TK).

Hal ini terungkap setelah Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Budi Waseso audiensi dengan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa di kantor Kemensos, Senin siang kemarin.

Buwas, sapaan akrab Budi Waseso mengatakan, tujuan mafia mengincar anak TK untuk regenerasi. Baca selengkapnya di sini.

Buwas menjelaskan secara detail, bagaimana bandar narkoba membuat anak TK mengonsumsi barang haram tersebut.

"Jadi anak kecil itu, memang sedang aktif-aktifnya. Senang lari-larian, ketika mereka merasa lelah dan haus, di sana sang bandar menyelipkan narkoba ke dalam minuman mereka," kata Buwas di Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2015.

Buwas juga mengatakan, saat bandar narkoba menawari untuk pertama kalinya ke anak-anak di bawah umur itu, mereka memberikan secara cuma-cuma atau gratis. Tetapi, begitu sudah ketagihan, anak yang kecanduan itu disuruh membayar.

Selanjutnya, saat anak tak mampu membayar, maka bandar mengajarkan anak untuk membawa barang berharga di sekitarnya.

"Ketika sudah mulai ketagihan, anak disuruh membayar. Jika tak punya uang, si bandar akan menanyakan, apa orang tuamu punya jam, punya handphone, atau barang berharga lainnya, sini ditukar saja dengan ini. Dari situ sang anak mulai terbiasa mencuri," kata mantan kabareskrim Polri itu.

Buwas juga mengatakan, saat ini peredaran narkoba sudah dikemas dalam bentuk yang beragam, bahkan saat ini muncul jenis narkoba yang sangat sulit dikenali karena bentuknya yang menyerupai tissue.

"Sekarang, peredaran narkotika sudah bermacam bentuknya, ada yang menyerupai perangko, ada juga yang seperti kertas tissue. Jadi, kalau dicelupkan di air putih pun sudah tak ketahuan, karena nggak memengaruhi warna dari air itu," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP