Perangkat Mungil Ini Lindungi Wanita dari Serangan Seksual

Athena, perangkat mungil pelindung kaum hawa
Sumber :
  • www.mashable.com/Roar for Good

VIVA.co.id - Kaum hawa rentan dengan serangan atau pelecehan seksual. Data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan, di Amerika Serikat diperkirakan 19,3 persen kaum hawa telah diperkosa selama seumur hidup mereka.

Cara Menjaga Layar Sentuh Pada Gadget

Sebagai upaya melindungi para wanita, sebuah perusahaan rintisan, Roar of Good, menghadirkan produk pelindung wanita dari serangan seksual. Produk yang diciptakan dinamakan Athena.

Perangkat mungil Athena ini berfungsi layaknya tombol panik untuk memberitahukan serangan. Saat ada serangan melanda kaum hawa, Athena akan mengeluarkan alarm dan mengirimkan teks ke beberapa kontak darurat yang telah dipilih pengguna.

Unik, Baterai Berenergi Vitamin

Dikutip dari Mashable, Rabu, 4 November 2015, perusahaan mengatakan, Athena telah mendapat respons tinggi dari pasar. Saat pengumpulan dana untuk produksi perangkat tersebut, jumlah dana yang terkumpul melebihi target.

Road of Good manargetkan dana sumbangan US$40 ribu. Namun dalam waktu kurang dari 24 jam, yang terkumpul melalui Indiegogo sudah menembus US$150.310.

Teknologi Baru yang Bikin Telemarketer Tak Cerewet Lagi

Kelahiran Athena itu tak lepas dari pengalaman salah satu pendiri Roar for Good, Yasmine Mustafa. Mustafa mengatakan, saat ia berpelesiran di Amerika Selatan, ia sering mendengar kisah wanita yang mengalami serangan. Kemudian saat ia pulang dari liburannya, tetangga Mustafa mengalami serangan brutal dan serangan seksual di dekat rumahnya.

"Dan saya membaca berita hari berikutnya, munculnya untuk melahirkan ide ini," kata Mustafa.

Athena hadir dengan desain yang mungil, dan bisa dipasang secara fleksibel di bagian tubuh, atau sebagai aksesori. Misalnya dipakai untuk kalung, gelang, ditempelkan di sabuk dan lainnya.

Athena berisi chip Bluetooth low energy yang dipasang dengan ponsel pintar dan layanan operator. Sehingga bisa mengirimkan notifikasi ke sistem berbasis pesan teks saat tombol ditekan. Namun penguna juga bisa menggunakan Athena dengan opsi senyap, dengan pertimbangan agar tidak menimbulkan perhatian dari penyerang.

Disebutkan mode senyap Athena tidak akan memicu alarm. Tapi tetap akan mengirimkan lokasi korban ke kontak yang telah dipilih pengguna.

Mustafa mengatakan, meski Athena lebih diperuntukkan untuk kaum hawa, tapi perangkat ini bisa dipakai kalangan pria dan kaum manula.

Roar for good sudah merencanakan akan menambah fitur Athena yang bisa menghubungi kepolisian dari perangkat mungil tersebut.

Athena diharapkan tersedia secara global pada awal Mei 2016 dan kemungkinan dihargai US$99 atau Rp1,33 juta.

Athena, perangkat mungil pelindung kaum hawa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya