TUTUP
TUTUP
FOKUS

Duel Sengit Pabrikan Motor Sport di Indonesia

Honda mampu menyalip Yamaha pada Oktober. Siapa raja di segmen ini?
Duel Sengit Pabrikan Motor Sport di Indonesia
V-Ixion dan CB150R. (Istimewa)

VIVA.co.id - Persaingan sepeda motor sport di Tanah Air kian panas. Honda ternyata berhasil mematahkan dominasi merek Yamaha yang selama ini berkuasa di posisi pertama penjualan motor sport di Indonesia. Setidaknya, hal itu tercermin pada angka-angka yang disampaikan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada penjualan bulanan, per Oktober 2015.

Dari data yang disampaikan, pabrikan berlogo "sayap mengepak" itu berhasil mengambil alih kepemimpinan di segmen motor sport nasional melalui angka penjualan 39.184 unit pada Oktober lalu.

Pangsa pasarnya, yakni sekira 52,1 persen. Sebelumnya, Honda hanya mencatatkan penjualan motor sport sebanyak 25.985 unit pada September 2015.

Sementara itu, sang rival abadi, Yamaha, harus berpuas diri dengan hanya menorehkan penjualan sebanyak 25.839 unit. Penjualan tersebut menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang mampu terjual 39.742 unit.

Data tersebut tentu membuat Honda semringah, namun tidak dengan Yamaha. Selama ini, Honda memang terus berusaha mengejar penjualan motor sport mereka di Indonesia.

Sementara itu, Yamaha, memang dikenal pabrikan yang getol mengedepankan penjualan motor sport, lantaran segmen lainnya seperti skuter matik dan bebek telah dikuasai Honda.

Melirik data AISI, Honda ternyata melejit berkat kontribusi penjualan All New CB150R StreetFire. Motor sport bergaya naked itu berhasil menyumbang sebanyak 27.050 unit, dibandingkan dengan September yang hanya 14.048 unit.

Selain itu, model sport lain merek Honda yang turut menyumbangkan kontribusi lainnya adalah Honda CBR series 6.270 unit dan Honda Verza 150 sebanyak 4.976 unit.

Dari kubu kompetitor, Yamaha, kontribusi terbesar masih diemban New V-Ixion dengan penjualan 18.309 unit. Tetapi, "sang raja" motor sport Yamaha itu tengah melempem penjualannya. Sebab, pada bulan sebelumnya, penjualan V-Ixion terjual sebanyak 34.070 unit.

Mengikuti selanjutnya, R15 menorehkan angka penjualan 4.754 unit, Byson FI 1.736 unit, R25 727 unit, serta MT25 299 unit.

Selanjutnya..Honda: Ini perjuangan panjang kami...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP