Mencari 'Sepetak Surga' di Bumi Nusantara

Pulau Lengkuas, Belitung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id - Liburan akhir tahun merupakan saat paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Menjelang akhir tahun, banyak agen perjalanan menawarkan berbagai promo liburannya.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Tak hanya paket  liburan keliling nusantara yang ditawarkan, tapi juga Eropa dan beberapa kawasan dunia lainnya.

Belakangan, paket wisata keliling nusantara pun mulai menjadi favorit masyarakat Indonesia. Jumlah wisatawan meningkat.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Meningkatnya jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia jadi pemicunya. Bagi mereka, liburan sebagai agenda wajib hingga perlu membuat tabungan khusus yang hanya akan digunakan saat akhir tahun. Ditambah lagi dengan semakin menggilanya promo dari maskapai tertentu yang memuluskan jalan untuk liburan murah.

Di Tanah Air, masyarakat masih menjadikan Bali sebagai tempat liburan favorit akhir tahun. Tak hanya Bali, Lombok juga menjadi tempat liburan yang akan banyak dikunjungi pada akhir tahun 2015.

"Bali dan Lombok ramai dipesan. Biasanya mereka ikut paket New Year," kata Regina dari Panorama Tour kepada VIVA.co.id, Jumat, 27 November 2015.

Namun, tak hanya Bali dan Lombok destinasi yang jadi buruan. Tempat-tempat wisata yang ada di belahan timur Indonesia, kini juga menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Terbukti, saat ini, tempat-tempat wisata indah di timur Indonesia itu menjadi tren liburan akhir tahun ini.

"Trennya ke timur. Tren traveling semakin tinggi untuk beberapa kalangan. Mereka mulai mencintai traveling ke tempat-tempat di Indonesia. Flores, Sumba, Derawan, jadi favorit," kata Aliya Muafa, founder Triphemat.com pada VIVA.co.id.

Ia juga menambahkan, untuk liburan keluarga, banyak yang memilih Jawa Timur sebagai destinasi pilihan. Selain itu, Belitung, Lampung, Pahawang juga Kiluan.

Belitung dan Pahawang bahkan kini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Apalagi, semenjak adanya film Laskar Pelangi, tujuan wisata ke Belitung kian melonjak.

Sejumlah agen travel juga menawarkan paket wisata menuju Belitung. Ini karena pemandangan alamnya yang sangat indah, hingga membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung langsung.

Salah satu objek wisata yang menjadi andalan Pulau Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini semakin terkenal, karena merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini memiliki bebatuan besar yang dapat didaki sambil menyaksikan pemandangan laut yang indah.

Selain itu, Anda dapat mengunjungi pulau-pulau lainnya yang tak kalah indah, seperti Pulau Batu Berlayar dan Pulau Lengkuas untuk snorkeling atau sekadar menikmati keindahan pantai.

Selain Belitung, Pahawang juga belakangan jadi primadona. Pulau Pahawang adalah objek wisata bahari di Provinsi Lampung yang merupakan surga baru bagi para pencinta bawah laut. Terumbu-terumbu karang yang masih alami, serta ikan berwarna-warni bisa Anda temukan di sana. Sangat cocok untuk yang hobi snorkeling ataupun diving.

Pulau ini dapat menjadi lokasi yang tepat untuk mengagumi keindahan dunia bawah laut. Terdapat beberapa spot yang menarik seperti Pulau Kelagian Kecil, Pulau Pahawang Kecil, Pulau Pahawang Besar, Tanjung Putus, dan Pulau Gosong. Tidak hanya itu, Anda dapat menikmati sunset dan sunrise yang cantik di dermaganya.

"Tren Pulau Seribu juga tetap bertahan. Tapi, untuk musim hujan, orang mungkin mempertimbangkan kondisi cuaca. Januari ombak tinggi jadi peminatnya agak sedikit," tutur Aliya.

Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon



Pulau Perawan

Indonesia memang negara yang kaya dengan keindahan alamnya. Tak heran jika selain Bali, Lombok, Belitung juga Pahawang, masih ada banyak lagi tempat indah yang tak terjamah.

Salah satunya, seperti Kepulauan Sombori di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah yang belum banyak diketahui orang.

Terletak di bagian selatan Teluk Tolo, di antara dua wilayah kecamatan, yakni Bungku Selatan dan Menui Kepulauan, kawasan konservasi seluas 41.342 hektare ini sebagian besar belum terjamah tangan wisatawan alias masih perawan.

Itulah mengapa di kawasan ini sama sekali belum tersedia penginapan bagi wisatawan. Namun, bukan halangan bagi mereka pecinta traveling dan petualangan untuk datang ke tempat ini.

Keindahan alam dan bawah lautnya sering dikatakan merupakan kombinasi pemandangan Wakatobi, Raja Ampat, dan Bunaken. Tak heran Sombori sering disebut masyarakat lokal sebagai "sepetak surga yang jatuh di Bumi Morowali".

Beberapa waktu lalu, VIVA.co.id berkesempatan mengunjungi Kepulauan Sombori. Untuk mencapai lokasi, Anda perlu menempuh perjalanan darat selama enam jam dari Kendari ke Pelabuhan Lafeu dengan medan yang menantang. Dilanjutkan dengan perjalanan berjam-jam menggunakan kapal niaga mengarungi Laut Banda.

Namun, perjalanan laut sama sekali tidak membosankan. Pemandangan bukit-bukit Pulau Sulawesi terhampar di sebelah kanan dan kiri. Sejauh mata memandang hanya lautan biru yang luas. Bahkan segerombolan lumba-lumba sempat terlihat ikut berenang mengikuti kapal.

Sesekali mereka melompat ke atas air dan membuat para penumpang di kapal yang duduk di bagian dek atas langsung mengeluarkan kamera masing-masing.

Awak kapal mengatakan, terkadang jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa ekor hiu paus yang sedang mengejar ikan. Sombori, baru satu dari sekian banyak pulau perawan yang ada di Indonesia. Masih adalagi pulau perawan lain yang memiliki keindahan alam memukau namun belum terjamah.

Eropa Tetap jadi Idola

Walau indahnya panorama Indonesia belakangan jadi favorit, ternyata, tak sedikit pula masyarakat Indonesia yang memilih untuk liburan ke luar negeri. Tak hanya keliling Asia, masyarakat Indonesia juga tengah tren menghabiskan liburan akhir tahun keliling Eropa.

Hal ini diungkapkan oleh Tour Head Office Panorama Tours, Kevin. Menurut dia, adanya teror bom di Paris tak berpengaruh pada jumlah kunjungan wisata ke Eropa. Padahal, paket tur yang ditawarkan pun memasukkan Paris sebagai tujuan destinasi wisata. Bom yang mengguncang Prancis beberapa waktu lalu, tetap menjadikan Paris sebagai destinasi liburan akhir tahun ini.

"Liburan keliling Eropa tetap jadi favorit. Hingga akhir tahun ini, Panorama sudah berhasil menjual paket wisata keliling Eropa cukup banyak. Akhir tahun ini akan berangkat 18 grup. Satu grup berisi 25 orang," kata Kevin.

Paket yang ditawarkan yakni perjalanan ke empat negara: Prancis, Italia, Swiss, Austria, dan Jerman. Mereka yang ikut dalam paket ini, lanjut Kevin, akan berlibur keliling Eropa selama 12 hari, minimun biaya yang ditawarkan untuk ikut paket ini sebesar Rp22 juta.

"Ini belum termasuk pajak, jika dihitung dengan pajak bisa mencapai Rp32 juta dan menginap di hotel bintang empat," katanya.

Tak hanya Eropa yang menjadi favorit liburan akhir tahun ini. Keliling Jepang, Korea, dan Hong Kong juga menjadi pilihan liburan masyarakat Indonesia saat ini.

"Semua paket wisata ke negara-negara itu, rata-rata sudah full. Biasanya kami menawarkan paket untuk tujuh hari. Biayanya mulai dari Rp25 jutaan untuk paket ke Korea sudah termasuk ke Pulau Jeju. Tapi, ada juga dengan biaya Rp12 jutaan tanpa ke Pulau Jeju," ujar Kevin.

Untuk liburan ke Jepang, pihaknya juga menawarkan paket liburan hemat. Tetap untuk tujuh hari ditawarkan mulai dari Rp37 juta hingga Rp45 juta. "Biasanya, kami menawarkan paket tanpa atau dengan liburan ke taman bermain seperti Disneyland. Dan sejauh ini, hampir 95 persen laku terjual," katanya.



Liburan ala Backpacker

Bagi Anda yang memiliki rencana liburan, namun tetap ingin berhemat, akan lebih baik menggunakan tips perjalanan ala backpacker. Hal ini penting agar liburan yang Anda jalani bersama keluarga tidak membuat stres karena banyaknya biaya yang perlu dikeluarkan. Berikut tipsnya:

1.  Cari tahu/survei

Di zaman sekarang, teknologi sangat membantu dalam mempersiapkan traveling. Mulai dari informasi wisata, tempat tinggal, transportasi hingga urusan makanan. Informasi itu tersebar di website resmi hingga blog-blog pribadi yang banyak sekali bertebaran di internet.

Namun, jika Anda malas untuk melakukan survei, akan lebih baik ikut dalam paket perjalanan wisata yang banyak ditawarkan agen-agen perjalanan. Jika ikut dalam paket itu, semua kebutuhan akan diurus oleh biro perjalanan wisata. Kekurangannya? Anda tidak akan bebas. Waktu kunjungan akan selalu dibatasi oleh sang pemandu wisata. Semua itu jadi pilihan kita masing-masing.

2.  Bawa tas yang gampang dibawa

Karena dalam backpackeran, kita dituntut untuk gampang berpindah tempat. Ganti transportasi, ganti hotel, naik tangga, dan berjalan jauh. Maka pastikan tas baju yang dibawa lebih ringkas dan gampang dibawa. Jangan bawa koper mewah yang cuma menyulitkan selama perjalanan. Tas ransel akan sangat membantu daripada koper seret.

3.  Bawa alat mandi sendiri

Ini agak merepotkan. Karena dalam hotel backpacker, biasanya tidak disediakan handuk dan peralatan mandi sendiri. Tapi, jangan khawatir, kebersihan hotel backpacker sangat terjaga. Meskipun murah, bukan berarti kumuh. Sebagai tips, Anda pun bisa mencari hotel di hostelworld.com. Referensinya lengkap dan terjamin.

4.  Gunakan peta

Begitu tiba di bandara, akan lebih baik Anda mencari langsung peta gratis yang banyak disebar di pojok-pojok bandara. Peta ini selain berguna sebagai petunjuk jalan, biasanya juga berisi informasi wisata di suatu daerah. Mulai dari tempat belanja, festival hingga nomor darurat.

5.  Mandiri

Ini kunci dari semuanya. Jika tujuannya traveling hemat, semua harus diurus sendiri. Trik mengatasinya, liburan bersama teman-teman. Biar bisa saling berbagi tugas.

Dan yang pasti, traveling adalah proses mencari pengalaman baru, ketemu orang-orang baru. Jangan takut mencoba.

Jadi, ke manakah pilihan Anda untuk berlibur akhir tahun ini? (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya