TUTUP
TUTUP
FOKUS

Mencari 'Sepetak Surga' di Bumi Nusantara

Destinasi nusantara banyak belum terjamah. Tapi, Eropa juga favorit.
Mencari 'Sepetak Surga' di Bumi Nusantara
Keindahan Pulau Lengkuas di Belitung Barat, jadi tempat favorit liburan akhir tahun (VIVA.co.id/Istimewa)

VIVA.co.id - Liburan akhir tahun merupakan saat paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Menjelang akhir tahun, banyak agen perjalanan menawarkan berbagai promo liburannya.

Tak hanya paket  liburan keliling nusantara yang ditawarkan, tapi juga Eropa dan beberapa kawasan dunia lainnya.

Belakangan, paket wisata keliling nusantara pun mulai menjadi favorit masyarakat Indonesia. Jumlah wisatawan meningkat.

Meningkatnya jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia jadi pemicunya. Bagi mereka, liburan sebagai agenda wajib hingga perlu membuat tabungan khusus yang hanya akan digunakan saat akhir tahun. Ditambah lagi dengan semakin menggilanya promo dari maskapai tertentu yang memuluskan jalan untuk liburan murah.

Di Tanah Air, masyarakat masih menjadikan Bali sebagai tempat liburan favorit akhir tahun. Tak hanya Bali, Lombok juga menjadi tempat liburan yang akan banyak dikunjungi pada akhir tahun 2015.

"Bali dan Lombok ramai dipesan. Biasanya mereka ikut paket New Year," kata Regina dari Panorama Tour kepada VIVA.co.id, Jumat, 27 November 2015.

Namun, tak hanya Bali dan Lombok destinasi yang jadi buruan. Tempat-tempat wisata yang ada di belahan timur Indonesia, kini juga menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Terbukti, saat ini, tempat-tempat wisata indah di timur Indonesia itu menjadi tren liburan akhir tahun ini.

"Trennya ke timur. Tren traveling semakin tinggi untuk beberapa kalangan. Mereka mulai mencintai traveling ke tempat-tempat di Indonesia. Flores, Sumba, Derawan, jadi favorit," kata Aliya Muafa, founder Triphemat.com pada VIVA.co.id.

Ia juga menambahkan, untuk liburan keluarga, banyak yang memilih Jawa Timur sebagai destinasi pilihan. Selain itu, Belitung, Lampung, Pahawang juga Kiluan.

Belitung dan Pahawang bahkan kini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Apalagi, semenjak adanya film Laskar Pelangi, tujuan wisata ke Belitung kian melonjak.

Sejumlah agen travel juga menawarkan paket wisata menuju Belitung. Ini karena pemandangan alamnya yang sangat indah, hingga membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung langsung.

Salah satu objek wisata yang menjadi andalan Pulau Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini semakin terkenal, karena merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini memiliki bebatuan besar yang dapat didaki sambil menyaksikan pemandangan laut yang indah.

Selain itu, Anda dapat mengunjungi pulau-pulau lainnya yang tak kalah indah, seperti Pulau Batu Berlayar dan Pulau Lengkuas untuk snorkeling atau sekadar menikmati keindahan pantai.

Selain Belitung, Pahawang juga belakangan jadi primadona. Pulau Pahawang adalah objek wisata bahari di Provinsi Lampung yang merupakan surga baru bagi para pencinta bawah laut. Terumbu-terumbu karang yang masih alami, serta ikan berwarna-warni bisa Anda temukan di sana. Sangat cocok untuk yang hobi snorkeling ataupun diving.

Pulau ini dapat menjadi lokasi yang tepat untuk mengagumi keindahan dunia bawah laut. Terdapat beberapa spot yang menarik seperti Pulau Kelagian Kecil, Pulau Pahawang Kecil, Pulau Pahawang Besar, Tanjung Putus, dan Pulau Gosong. Tidak hanya itu, Anda dapat menikmati sunset dan sunrise yang cantik di dermaganya.

"Tren Pulau Seribu juga tetap bertahan. Tapi, untuk musim hujan, orang mungkin mempertimbangkan kondisi cuaca. Januari ombak tinggi jadi peminatnya agak sedikit," tutur Aliya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP