TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
FOKUS

Fenomena Laut Jakarta dan Kematian Ribuan Ikan

Peristiwa ini memang tidak hanya sekali terjadi, namun tiap tahun.
Fenomena Laut Jakarta dan Kematian Ribuan Ikan
Ribuan ikan terdampar di Pantai Ancol, Senin, 1 Desember 2015. (VIVA.co.id / Danar Dono)

VIVA.co.id - Ribuan ikan mengambang di laut Jakarta. Ikan tersebut mati secara misterius. Jumlahnya tak satu, bahkan mencapai ribuan. Pemandangan tak sedap ini terjadi di laut Jakarta, sejak Sabtu 29 November 2015.

Tak hanya pemandangan, bau busuk juga tercium, jika mendekat di pesisir pantai Ancol tempat warga Jakarta berwisata akhir pekan.

Kejadian ini, sontak membuat petugas pantai dan polisi yang berpatroli di laut Jakarta kaget. Sebab, hal ini bukan kejadian biasa. Jajaran Polisi Air, yang melaksanakan patroli dan melakukan pengangkatan ikan, mengaku sudah mengevakuasi berton-ton ikan.

"Kami tadi kebetulan juga sedang patroli dan kami memang melihat sebagian besar ikan sudah mati mengambang," ujar Kepala Bagian Pembinaan dan Operasi Ditpolair Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Dramayadi.

Menurut Dramayadi, Polair sudah dua kali mengangkut berton-ton ikan tersebut dengan mobil bak terbuka. "Ada kemungkinan, karena kami menemukan adanya perbedaan warna permukaan air laut yang seharusnya cokelat menjadi hijau gelap," ujarnya.

Berdasarkan pantauannya, jenis ikan yang mati dan membusuk itu, antara lain bandeng, ketang-ketang, belanak, dan kakap putih. Kata dia, kemungkinan kematian ikan-ikan ini karena limbah. Namun, penyelidikan lebih dalam masih terus dilakukan.

"Ada kemungkinan limbah, karena kami menemukan adanya perbedaan warna permukaan air laut, yang seharusnya cokelat menjadi hijau gelap," kata Dramayadi.
 
Menurut Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Ditpolair Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Edi Guritno, petugas menemukan ikan mati di sepanjang Pantai Ancol mulai dari Jimbaran hingga ujung perbatasan sejak Senin dini hari.

"Kami masih menunggu hasil pemeriksaan sampel, guna memastikan penyebab kematian ikan tersebut," kata Edi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan VIVA.co.id, Selasa 1 Desember 2015, nyaris tak terlihat lagi tumpukan bangkai ikan yang bertebaran di bibir Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Ribuan bangkai ikan itu, mulai hilang setelah dibersihkan dan dibawa petugas kebersihan ke lokasi pembuangan sampah di Ancol. "Sudah sebagian dibersihkan. Tadi malam juga masih bersih-bersih," kata salah satu petugas kebersihan PT Jaya Ancol, Sugeng.

Selain membersihkan dan membawa bangkai ikan, petugas juga memasang jaring di sekitar perairan dekat bibir pantai. Jaring itu sengaja dipasang, agar bangkai-bangkai ikan yang mati misterius tak lagi terdampar ke pantai.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP