Kijang Innova Baru Tak Pakai Airbag Maut Takata

Toyota kijang dari generasi ke generasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id - Akibat komponen pada bagian kantung udara atau airbag buatan Takata yang tidak berfungsi dengan baik, jutaan mobil dari berbagai merek dan tipe di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir langsung ditarik kembali dari pasaran.

Bos Otomotif Ini Tidak Suka Mobil Sport

Bahkan, hal ini juga membuat PT Honda Prospect Motor (HPM), agen tunggal pemegang merek mobil Honda, langsung menyetop sementara penggunaan airbag Takata untuk setiap mobil terbarunya.

Namun, itu rupanya tidak terjadi pada PT Toyota Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN), perusahaan yang memproduksi sejumlah mobil Toyota, baik untuk pasar domestik maupun global.

Cara Raksasa Otomotif Ini Peduli Lingkungan

Menurut salah satu insinyur Toyota yang tak ingin disebutkan namanya, saat ini Toyota tak menggunakan airbag Takata yang bikin meninggal tujuh orang dan mencederai ratusan orang, melainkan buatan salah satu joint venture Toyota.

“Mobil Toyota yang ada di Indonesia, terutama Innova, tidak pakai Takata, tapi kita pakai Toyoda Gosei Safety Systems Indonesia (TGSSI),” ujarnya, Jumat 4 Desember 2015.

Masuk Indonesia, Toyota Sienta Diproduksi di Karawang?

Sumber tersebut juga menyatakan, penggunaan airbag TGSSI telah dilakukan sejak lama. Pabrik airbag ini berada di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Penggunaan airbag buatan TGSSI adalah cara Toyota untuk menekan harga dan memenuhi syarat kandungan lokal yang telah ditetapkan pemerintah.

Honda Jazz Prototype.

Bermasalah, Honda Recall Hampir 400 Ribu Mobil di Indonesia

Mobil yang kena recall di antaranya Honda Jazz produksi 2004 – 2014.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2016