TUTUP
TUTUP
FOKUS

Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Kurangi Berat Badan?

Diabetes melitus adalah penyakit jangka panjang.
Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Kurangi Berat Badan?
Ilustrasi pengecekan diabetes (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id - Diabetes melitus adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan jumlah kadar gula darah di atas normal. Jenis utama penyakit ini adalah tipe 1 dan 2.

Keduanya sama-sama membutuhkan terapi insulin dan tidak dapat disembuhkan, sehingga keduanya memiliki andil yang sama dalam tingkat keparahan.

Terlebih, jika penyakit ini tidak dikontrol secara berkelanjutan, mereka sama-sama dapat mengakibatkan komplikasi serius. Diabetes tipe 2, merupakan kondisi yang diakibatkan pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

Menurut ilmuwan, kondisi dan pola makan yang tidak sehat kerap membuat manusia mengalami kegemukan, lalu memicu diabetes. Diabetes sendiri muncul akibat menumpuknya lemak di pankreas.

Dikutip dari laman IB Times UK, Jumat 4 Desember 2015, studi terbaru menunjukkan bahwa diabetes tipe 2, ternyata tidak terlalu kronis dan ada kemungkinan bisa disembuhkan. Caranya dengan mengurangi berat badan. Hal ini sangat berpotensi dilakukan oleh mereka yang mengalami diabetes tipe 2 akibat obesitas.

"Studi ini menunjukkan, penambahan berat badan memicu diabetes. Karena itu, menurunkan berat badan sampai ukuran ideal, bisa membebaskan seseorang dari diabetes dan ketergantungan terhadap insulin," demikian ujar Naveed Sattar, profesor jurusan Metabolic Medicine, dari University of Glasgow.

Lanjutnya, tidak hanya menghilangkan diabetes dalam tubuh, pengurangan berat badan juga akan membuat manusia menjadi lebih aktif secara fisik.

"Penelitian yang kami lakukan menunjukkan jika meningkatnya jumlah lemak pada pankreas, berhubungan dengan hadirnya diabetes tipe 2 di tubuh pasien," ujar Profesor Roy Taylor, dari pusat riset Diabetes Newcastle University. Ia menjelaskan, telah melakukan riset ini bertahun-tahun.

Menurutnya, penurunan jumlah lemak pada pankreas, hanya akan berkhasiat pada mereka yang memiliki penyakit diabetes tipe 2. "Bagi mereka yang memiliki diabetes tipe 2, mengurangi berat badan bisa mengurangi kelebihan lemak di pankreas. Ini akan membuat fungsi pankreas kembali normal, khususnya dalam memproduksi insulin," ujar Taylor.

Untuk jumlah lemak yang harus dikurangi, Taylor mengatakan jika hal itu bergantung pada jumlah yang ada di pankreas. "Jika ditanya seberapa banyak berat badan yang harus dikurangi untuk membuat diabetes hilang, jawabannya satu gram. Namun dalam satu gram ini haruslah pengurangan pada lemak yang ada di pankreas," tambahnya.

Ditegaskan Dr. Alasdair Rankin dari lembaga Diabetes UK, studi ini sangat penting bagi industri kesehatan. Artinya, ada ikatan antara jumlah lemak di pankreas dengan diabetes tipe 2.

"Sekali lagi, ini menegaskan betapa pentingnya mengurangi berat badan dengan cara sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit, tidak hanya diabetes, tapi juga penyakit lain. Penurunan berat badan ini bisa didapat melalui diet sehat atau melalui operasi," ujar Rankin.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP