TUTUP
TUTUP
FOKUS

Mobil-mobil SUV Siap Gairahkan Lagi Pasar Mobil di Indonesia

Ini tahun yang lesu bagi produsen dan diler mobil. Penjualan merosot.
Mobil-mobil SUV Siap Gairahkan Lagi Pasar Mobil di Indonesia
Pameran otomotif GIIAS Makassar 2015. (FOTO: VIVA.co.id/Dian Tami)

VIVA.co.id - 2015 menjadi masa yang cukup suram bagi para pelaku industri, khususnya yang masih mengimpor berbagai produknya ke Tanah Air. Nilai tukar rupiah yang melemah membuat harga-harga melonjak.

Belum lagi ditambah dengan semakin selektifnya maysarakat dalam membelanjakan uang yang mereka miliki. Otomatis, target penjualan yang tadinya ditetapkan harus direvisi berkali-kali.

Menurunnya penjualan sangat dirasakan oleh para pelaku industri otomotif. Bahkan, target penjualan yang telah ditentukan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), harus dikurangi beberapa kali.

Dari data Gainkindo, hingga Oktober 2015, penjualan mobil di Indonesia baru mencapai angka 853.008 unit. Padahal mereka menargetkan angka satu juta unit hingga akhir tahun ini. Sekedar informasi, tahun lalu penjualan mobil di Indonesia mencapai 1.208.028 unit.

Padahal, berbagai cara sudah dilakukan produsen mobil, mulai dari menawarkan paket menarik hingga menghadirkan varian-varian baru, demi bisa mengulang kesuksesan.

Berbicara mengenai varian, hingga saat ini segmen multi purpose vehicle (MPV) masih mengungguli segmen sport utility vehicle (SUV) dan low cost green car (LCGC).

Keunggulan MPV tidak lepas dari budaya orang Indonesia yang guyub, yakni gemar melakukan banyak hal secara bersama-sama. Dengan kemampuan menampung hingga tujuh penumpang, jelas ini membuat MPV laris manis.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP