Cara Warga Kampung Islam Kepaon Rayakan Maulid Nabi

Acara Maulid Nabi di Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan (Bali)

VIVA.co.id - Semangat warga Kampung Islam Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 Hijriyah tak bisa ditutupi.

Empat Warga Belanda yang Terlibat Tawuran di Bali Dicekal

Mereka mengenakan pakaian serba putih, berjalan sambil menyerukan nama Nabi Muhammad SAW. Di sini warga Islam Kepaon tiap tahun merayakan Maulid Nabi dengan menggelar pawai bale suji.

Bale suji terdiri dari batang pohon pisang, telur dan berbagai hiasan berupa bunga kertas warna-warni. Bale suji kemudian diarak keliling kampung Islam yang berusia sudah ratusan tahun itu.
Geng Satu Darah Asal Belanda Bikin Onar di Kuta

Padani, tokoh masyarakat setempat, menuturkan mengelilingi kampung sambil membawa bale suji merupakan ungkapan kegembiraan warga Kampung Islam Kepaon dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Tamara Bleszynski Bongkar Ciri-ciri Pelaku Penganiayaan

"Ini ungkapan kegembiraan warga pada perayaan Maulid Nabi. Tradisi ini sudah kami gelar rutin secara turun temurun," kata Padani, Kamis, 24 Desember 2015.

Ia merinci susunan inti bale suji yang diarak keliling kampung. Susunan bale suji terdiri batang pisang dan telur. Batang pisang menandakan cikal bakal alias generasi muda di Kampung Islam Kepaon. Kelak, mereka yang akan melanjutkan tradisi nenek moyang mereka.

"Kelopak batang pisang yang merupakan lapisan tua berada di dalam. Sementara di luar itu lapisan yang paling muda. Filosofinya, ini simbol para orang tua mengayomi yang muda di Kampung Islam Kepaon untuk kelanjutan tradisi ini," kata Padani.

Tokoh Kampung Islam Kepaon lainnya, Ishaq, menjelaskan telur dalam bale suji melambangkan rukun Islam.

"Dalam satu butir telur terdapat lima lapisan. Lima lapisan itu merupakan simbol lima rukun Islam yakni, syahadat, salat, zakat, puasa dan haji," papar Ishaq.

Ia melanjutkan, semuanya telur matang ditancapkan di batang pisang. Usai acara, telur-telur itu dibagi-bagikan ke seluruh warga. Usai pawai, bale suji tersebut diletakkan di depan pintu masuk Masjid Al-Muhajirin.  (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya