TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
FOKUS

Gaduh Reshuffle Kabinet Jokowi

Klaim PAN soal jatah menterinya bikin istana sewot.
Gaduh Reshuffle Kabinet Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla pimpin rapat kabinet (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id - Isu reshuffle Kabinet Presiden Joko Widodo kembali berhembus kencang. Politikus Partai Amanat Nasional mengklaim partainya kebagian dua kursi menteri. Tak tanggung-tanggung, pos kementerian dan siapa yang bakal mengisi telah diungkap secara terang-terangan.

Sepekan berlalu dari pernyataan pengurus partai yang kini dipimpin Ketua MPR Zulkifli Hasan itu berlalu. Tak mau isu berkembang liar menimbulkan kegaduhan baru, muncul bantahan massif sejumlah pejabat teras Pemerintahan Jokowi JK.

Pengamat Politik menilai klaim jatah menteri kabinet dari Politisi PAN itu hanyalah gosip politik yang dilontarkan. Klaim tersebut ditengarai tidak berasal dari pihak-pihak yang berkompeten atau mereka yang memang mengetahui proses politik di balik layar para pengambil keputusan strategis.

Isu yang menghebohkan itu terlontar dari Ketua DPP PAN Azis Subekti, pekan lalu. Azis menyebutkan bahwa dua dua kader partai itu akan menduduki kursi menteri setelah reshuffle jilid II.

Mereka adalah Taufik Kurniawan yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPR dan Asman Abnur yang juga duduk sebagai anggota parlemen. Dua pos kementerian itu menurut dia, adalah Kementerian Perhubungan dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mempertanyakan klaim Partai Amanat Nasional (PAN), yang menyebut akan mendapatkan jatah dua kursi pada reshuffle kabinet jilid II nanti. Menurut dia, sejauh ini Presiden Jokowi belum mengajaknya bicara untuk membahas itu.

"Itu infonya dari mana. Tapi belum dibicarakan," kata JK, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin 28 Desember 2015.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP