TUTUP
TUTUP
FOKUS

Gerai CD Berguguran, Saatnya Era Digital?

Menyusul Aquarius, Disc Tarra tutup operasi di akhir tahun 2015.
Gerai CD Berguguran, Saatnya Era Digital?
Outlet Disc Tarra yang tutup di Mal Kota Kasablanka, Jumat, 1 Januari 2016.  (VIVA / Ichsan)
VIVA.co.id - Jika bicara toko kaset dan CD (compact disc) yang berjaya pada tahun 1990-an dan awal 2000-an, maka tak bisa melewatkan nama Disc Tarra. Ia adalah jaringan toko kaset, CD, VCD, yang bisa dibilang terbesar di negara ini.

Bahkan, mereka memajang tagline: The Largest Retail Chains Shop for Home Entertainment in Indonesia. Wajar jika Disc Tarra memakai slogan tersebut, karena pada kenyataannya, mereka memang benar-benar berjaya.

Namun, itu dulu. Karena, di malam pergantian tahun baru 2016, tepatnya 31 Desember 2015, Disc Tarra secara resmi menyatakan tutup beroperasi. Mulai tahun 2009 hingga 2013, toko CD yang tak kalah raksasa, Aquarius sudah lebih dulu lempar handuk, tanda menyerah. 

Pada hari terakhir toko itu buka, VIVA.co.id datang ke salah satu mal besar di Jakarta. Saat berbincang panjang lebar dengan seorang karyawan Disc Tarra, yang menolak memberikan nama, dengan tegas, ia mengatakan bahwa benar, malam itu adalah hari terahir Disc Tarra buka di mal tersebut.

"Secara nasional, hari ini kami tutup serempak se-Indonesia. Di Surabaya sekarang tinggal ada dua outlet, Bandung dua outlet, dalam kota tinggal di Mal Bintaro, Pondok Indah Mall, Mal Kelapa Gading, Mal Kota Kasablanka, itu pun toko-toko kecil," kata sang pegawai.

Dics Tarra

Toko CD Disc Tarra saat masih beroperasi. Foto:Dok Cloudsmerahmuda.

Dari pantauan VIVA.co.id, terlihat toko musik itu tampak kosong, hanya tersisa satu rak CD. Sementara itu, di kaca toko, terpampang tulisan diskon 70 persen. "Malam ini kami resmi tutup," ungkapnya dengan wajah sedih.

"Banyak pelanggan menangis, sejauh ini kami berusaha fight. Tapi, kalau akhirnya tetap tutup, semua kembali pada keputusan pemilik," ujarnya.

Ia menambahkan, seluruh pegawai sudah mengetahui kalau toko CD itu akan tutup sejak 25 Desember 2015.

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP