TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
FOKUS

Motor-motor Terbaru Indonesia di 2016

Indonesia sebagai negara dengan populasi motor tertinggi.
Motor-motor Terbaru Indonesia di 2016
Ilustrasi. CB150R StreetFire SE. (Foto: VIVAnews/Rendra Saputra)

VIVA.co.id - Populasi sepeda motor di Indonesia membeludak. Faktanya, bisa dilihat dari data yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS). Data yang dirilis pada 2013 menyebutkan, jumlah sepeda motor di Indonesia menorehkan angka 84.732.652 unit. Angka yang terbilang fantastis.

Perkembangannya pun cukup signifikan dari tahun ke tahun. Di 2012, jumlah populasi sepeda motor sebanyak 76.381.183 unit. Artinya, dalam satu tahun saja, saat itu, bertambah sekira 8,3 juta unit sepeda motor.

Tak heran dengan angka tersebut, International Transport Forum (ITF) Annual Summit 2014 di Leizig, Jerman, menyebut jika Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi sepeda motor tertinggi di dunia.

Jika melihat harga sebuah sepeda motor yang ditawarkan, tentu tak bisa dinafikkan. Bagaimana tidak, untuk bisa memiliki sebuah sepeda motor dengan kapasitas mesin rendah, masyarakat hanya perlu menyiapkan dana panjar sekira Rp500 ribu.

Tak jarang pula kita temukan potongan diskon atau rabat yang besar, sehingga memantik daya beli masyarakat untuk membeli sepeda motor. Belum termasuk tenor panjang kredit yang ditawarkan para produsen motor untuk menjangkau masyarakat kelas 'proletar'.

Alhasil, sepeda motor yang dahulu hanya dimiliki satu unit untuk satu rumah, berubah menjadi 'satu unit perorang'.

Tak cuma itu, sepeda motor menjelma tak hanya sebagai sarana transportasi saja, bahkan terus berkembang menjadi bagian dari gaya hidup dan identitas seberapa besar penghasilan pemiliknya. Itulah gambaran yang terjadi saat ini.

Jika mengamati dengan seksama, tentu ini merupakan fenomena yang menarik. Populasi motor di Indonesia, jauh meninggalkan populasi sepeda motor di negara-negara pembuatnya.

Padahal, Jerman, Jepang, hingga Amerika Serikat sekalipun sedikit masyarakatnya yang menggunakan sepeda motor. Mereka lebih suka naik sepeda karena menyehatkan dan ramah lingkungan atau transportasi publik, seperti kereta api dan bus untuk beraktivitas.

Selanjutnya>>> Terus genjot penjualan...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP