Motor-motor Terbaru Indonesia di 2016

Pameran otomotif
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Rendra Saputra

VIVA.co.id - Populasi sepeda motor di Indonesia membeludak. Faktanya, bisa dilihat dari data yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS). Data yang dirilis pada 2013 menyebutkan, jumlah sepeda motor di Indonesia menorehkan angka 84.732.652 unit. Angka yang terbilang fantastis.

Perkembangannya pun cukup signifikan dari tahun ke tahun. Di 2012, jumlah populasi sepeda motor sebanyak 76.381.183 unit. Artinya, dalam satu tahun saja, saat itu, bertambah sekira 8,3 juta unit sepeda motor.

Tak heran dengan angka tersebut, International Transport Forum (ITF) Annual Summit 2014 di Leizig, Jerman, menyebut jika Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi sepeda motor tertinggi di dunia.

Jika melihat harga sebuah sepeda motor yang ditawarkan, tentu tak bisa dinafikkan. Bagaimana tidak, untuk bisa memiliki sebuah sepeda motor dengan kapasitas mesin rendah, masyarakat hanya perlu menyiapkan dana panjar sekira Rp500 ribu.

Yamaha Siap Lahirkan Motor Murah Pengganti RX100

Tak jarang pula kita temukan potongan diskon atau rabat yang besar, sehingga memantik daya beli masyarakat untuk membeli sepeda motor. Belum termasuk tenor panjang kredit yang ditawarkan para produsen motor untuk menjangkau masyarakat kelas 'proletar'.

Alhasil, sepeda motor yang dahulu hanya dimiliki satu unit untuk satu rumah, berubah menjadi 'satu unit perorang'.

Tak cuma itu, sepeda motor menjelma tak hanya sebagai sarana transportasi saja, bahkan terus berkembang menjadi bagian dari gaya hidup dan identitas seberapa besar penghasilan pemiliknya. Itulah gambaran yang terjadi saat ini.

Jika mengamati dengan seksama, tentu ini merupakan fenomena yang menarik. Populasi motor di Indonesia, jauh meninggalkan populasi sepeda motor di negara-negara pembuatnya.

Padahal, Jerman, Jepang, hingga Amerika Serikat sekalipun sedikit masyarakatnya yang menggunakan sepeda motor. Mereka lebih suka naik sepeda karena menyehatkan dan ramah lingkungan atau transportasi publik, seperti kereta api dan bus untuk beraktivitas.

Berapa Harga Motor Tiger Terbaru Ini?

Selanjutnya>>> Terus genjot penjualan...



Terus genjot penjualan

Meski populasi sepeda motor di Indonesia sudah berjubel, namun Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebut jika penjualannya kini tengah lesu. Kondisi ini ternyata sudah berlangsung sejak 2015 lalu.

Di 2016, kondisi demikian diprediksi masih akan terjadi. Kalaupun ada peningkatan penjualan, diprediksi hanya bertambah sekira lima persen. Angka nyata penjualan sepeda motor pada 2015 hingga penghujung tahun sebesar 6,3 juta unit. Angka tersebut meleset dari target awal tahun 2015 yang mencapai 6,7 unit.

Menurut Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, industri sepeda motor erat kaitannya dengan sektor riil. Dia berharap, di tahun ini pemerintah dapat menjaga stabilitas ekonomi sehingga sektor rill dapat
terjaga.

"Menghadapi 2016 tentu cukup menantang, strategi AISI adalah menggenjot penjualan di segmen first entry level. Pelaku usaha akan semakin gencar menyasar konsumen yang belum memiliki sepeda motor," kata Sigit.

Adapun target penjualan sepeda motor pada 2016, AISI memproyeksikan angkanya di kisaran 6,45 juta hingga 6,5 juta unit.

Meneruskan rencana AISI, para produsen sepeda motor pun kian gencar menancapkan kuku bisnisnya dalam-dalam. Terlebih, mengantisipasi penjualan motor yang agak lesu belakangan.

Untuk mensiasatinya, pabrikan motor pun getol menghadirkan beragam pilihan, mulai dari motor murah, hingga mahal. Mulai dari mesin ber-cc kecil hingga mesin dengan tenaga seperti mobil.

Salah satu yang terus diperhatikan para pabrikan sepeda motor ialah memenuhi selera konsumen alias motor yang gampang diserap masyarakat. Hal itu tentunya bagian dari diferensiasi para pabrikan agar produk-produknya laris di pasaran.

Seperti yang disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Margono Tanuwijaya. Menurutnya, pasar yang masih akan moncer dan dominan di 2016 adalah jenis skuter matik. Ada sejumlah alasan mengapa skutik makin dicintai para konsumen sepeda motor. Di antaranya, pengoperasiannya yang mudah alias tinggal gas dan rem, serta mudah bermanuver di jalanan padat lalu lintas.

"Kalau bicara kontribusi, penggemar segmen matik akan tetap besar di 2016,” kata Margono.

Selain skutik, motor yang akan populer dan populasinya semakin banyak adalah jenis sport. Alasannya, banyak pemilik motor yang ingin berganti model, umumnya di model kedua mereka akan mencari kendaraan yang cc-nya lebih besar, dan bisa diajak bergaya.

"Tetapi tentu segmen motor lainnya akan tetap dilirik konsumen. Sebab, membeli kendaraan bermotor merupakan sebuah tren konsumen untuk keperluan dasar seperti transportasi," kata dia.

Melihat peta tren sepeda motor yang bakal populer di 2016, Honda pun berencana akan berkutat pada dua segmen tersebut. Gambaran ini juga tak hanya akan dilakukan Honda, melainkan juga akan dilakukan sejumlah kompetitornya seperti Yamaha.

Yamaha Bakal Luncurkan Dua Versi TMAX Terbaru

Selanjutnya>>> Bebek makin tergusur...



Bebek makin tergusur

Berbeda dengan skutik yang kian populer, moped alias motor jenis bebek kini justru terlihat memprihatinkan. Jika diibaratkan, mati segan hidup tak mau. Kejayaannya seakan perlahan mulai redup, tergantikan dengan kehadiran motor jenis skutik.

Namun demikian, di 2016, motor bebek belum akan punah. Karena diprediksi masih akan terus berkontribusi.

Sebab, menurut Assistant General Manager (GM) Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, peminat motor bebek masih ada, meski tak sebanyak dulu.

“Motor bebek masih stagnan untuk tahun depan. Pasarnya masih ada namun tidak sebesar dulu memang. Karena saat ini motor skutik memang lebih diminati,” ungkapnya kepada VIVA.co.id.

Selain itu, pria yang akrab disapa Masykur ini juga menyebutkan bila hal tersebut tentu akan membaik jika para produsen sepeda motor ramai-ramai memproduksi motor bebek terbaru dengan harapan dapat memantik minat konsumen.

“Susah berkembang (untuk motor di segmen bebek). Sebenarnya peran produsen untuk menghadirkan motor di segmen ini adalah salah satu pendukung untuk menarik minat konsumen. Seperti tahun ini kami sudah memberikan beberapa pilihan di segmen ini, contohnya MX King,” kata Masykur.

Berdasarkan data yang disampaikan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), angka penjualan motor (domestik) sepanjang Januari - November 2015 tercatat mencapai 5.959.755 unit. Dari penjualan tersebut, segmen moped alias bebek hanya mampu menyumbangkan 788.703 unit.

Selanjutnya>>>Motor-motor yang siap meluncur...



Motor-motor yang siap meluncur

Meski terhitung baru memasuki awal tahun, namun gelagat persiapan sepeda motor terbaru di Tanah Air sudah mudah terendus. Banyak data yang masuk, namun dalam tulisan kali ini VIVA.co.id akan merinci tujuh sepeda motor yang akan meluncur di Indonesia, tahun ini. Apa saja?

1. Yamaha MT-15

Motor ini merupakan edisi telanjang dari R-15 dengan kapasitas mesin 150cc. Awalnya, MT-15 digadang-gadang bakal meluncur perdana di Indonesia, namun ternyata lebih dulu melakoni debutnya di Thailand.

Motor tersebut nantinya akan diposisikan setara dengan V-Ixion. Meski hadir tanpa fairing, namun harga jualnya di Thailand lebih mahal dari R15.

2. Yamaha Aerox

Selain MT-15, Yamaha Indonesia juga siap meluncurkan satu skutik terbaru bernama Aerox. Motor yang mirip dengan Xeon itu sedianya akan diluncurkan kuartal pertama 2016 dengan kapasitas mesin 125cc. Motor ini sudah meluncur di benua Eropa, namun desain di Indonesia akan sedikit berbeda.

Tidak seperti Aerox di Eropa yang memiliki bodi kekar, Aerox versi Indonesia nantinya akan lebih ramping dengan sudut-sudut lancip. Tampilannya sekilas juga mirip dengan Yamaha X-Ride namun dengan beberapa komponen yang dicomot dari motor sport 150 cc Vixion.

3. Yamaha Fino 125

Motor dengan wajah retro khas Vespa ini akan bersolek. Tak tanggung-tanggung, mesin yang akan dipakainya naik kapasitas menjadi 125cc, meninggalkan mesin lamanya 110cc.

Diprediksi, motor ini juga akan sama dengan motor-motor Yamaha lainnya yang mengusung teknologi BlueCore.

Motor ini tetap akan menjadi lawan tangguh Honda Scoopy. Peluncuran dikabarkan akan berlangsung hari ini, Sabtu 9 Januari 2016, di Bandung, Jawa Barat.

4. Honda bebek sport

Motor ini sepanjang tahun 2015 ramai diperbincangkan di jagad maya. Belum jelas nama yang akan disandangnya. Dari sejumlah informasi yang beredar, motor tersebut merupakan bebek sport dengan kapasitas
mesin 150cc.

Sedianya, motor tersebut akan menjadi lawan tangguh Yamaha Jupiter MX King yang hingga kini masih terbilang laris di pasaran. Kabarnya, motor ini dibuat dari keluarga Supra, namun dengan menggunakan
mesin dan suku cadang turunan Honda Sonic.

5. Honda CBR250RR

Motor sport fairing terbaru Honda ini sedianya akan meluncur tahun depan. Sejumlah pembaruan dijejali pada motor tersebut. Termasuk mesin dengan dua silinder, serta pembaruan desain body.

Sebelumnya, motor ini digadang-gadang akan diproduksi di Indonesia. Namun PT Astra Honda Motor (AHM) membantahnya. Sebuah kabar terbaru menyebutkan CBR250RR didatangkan dari Thailand.

6. Suzuki Satria seri F150 Injeksi

Model upgrade dari motor Satria ini kabarnya akan dirilis tahun 2016. Dengan amunisi mesin yang lebih menantang dari versi sebelumnya, motor Suzuki Satria F150 Injeksi tentu akan siap memukul balik
penantangnya, Honda Sonic.

Jika dahulu satria adalah motor yang masuk dalam daftar boros bahan bakar, kini teknologi seri terbarunya sudah dipasang injeksi, yang akan lebih menghemat pengeluaran bahan bakar berkali lipat.

7. Kawasaki Ninja 250FI

Kawasaki sudah mendukung produksi motor made in Indonesia dengan siap meluncurkan Kawasaki Ninja 250 FI.

2016 rencananya lakon debut dilakukan. Dari sejumlah keterangan, sepertinya motor ini akan diluncurkan di kuartal pertama 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya