TUTUP
TUTUP
FOKUS

Siapa yang Berjaya di Piala Oscar 2016?

Acara ini akan dipandu oleh aktor dan komedian, Chris Rock.
Siapa yang Berjaya di Piala Oscar 2016?
The Revenant jadi Flm Terbaik di Golden Globe Awards. (REUTERS/Paul Drinkwater/NBC Universal/Handou)

VIVA.co.id - Ajang bergengsi insan perfilman dunia, Academy Awards ke-88 akan digelar pada 28 Februari 2016 mendatang di Dolby Theater di Los Angeles, Amerika Serikat. Acara ini akan dipandu oleh aktor dan komedian, Chris Rock. 

Sebelum ajang tahunan ini digelar, panitia Academy Awards 2016, terlebih dahulu mengumumkan daftar nominasi Piala Oscar. 

Pengumuman nominasi berlangsung di Samuel Goldwyn Theater. Untuk tahun ini, terdapat 24 kategori penghargaan. Di antaranya adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor dan Aktris Terbaik, Aktor Pendukung dan Aktris Pendukung Terbaik, Film Dokumenter, Film Asing Terbaik, dan lain sebagainya.

Film Spotlight, The Revenant, Mad Max:Fury Road, dan The Martian memimpin saat pembacaan nominasi. Tetapi, akhirnya The Revenant pimpin nominasi Piala Oscar tahun ini dengan mendapatkan 12 nominasi. 

Sementara itu, posisi kedua ditempati Mad Max: Fury Road dengan 10 nominasi dan diikuti dengan Carol yang meraih sembilan nominasi. Film The Martian mengantongi tujuh nominasi. 

Persaingan delapan film terbaik di Oscar 

Tahun ini, Piala Oscar 2016 memiliki delapan film yang bersaing untuk memperebutkan posisi sebagai Film Terbaik. Film-film tersebut adalah The Big Short, Bridge of Spies, Brooklyn, Mad Max: Fury Road, The Martian, The Revenant, Room, dan Spotlight

Persaingan tahun ini dinilai cukup ketat, karena masing-masing film memiliki kekuatan dan keistimewaan sendiri. 

Film Spotlight menjadi kandidat kuat meraih Piala Oscar 2016. Seperti dilansir dari Indiewire, film yang disutradarai Tom McCarthy ini dinilai akan bersaing ketat dengan The Revenant dan juga The Big Short untuk menjadi yang terbaik di Oscar tahun ini. Situs Vulture juga menjagokan film bergenre drama ini sebagai jawara Oscar 2016. 

Film Spotlight diangkat dari kisah nyata koran Boston Globe yang mengungkap skandal penganiayaan anak-anak di Boston pada 2001. Tetapi, koran itu juga berusaha menutupi apa yang terjadi dalam Keuskupan Katolik. 

Film bergenre drama ini dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, dan Rachel McAdams. Film ini berdurasi 128 menit.

The Revenant juga salah satu film yang digadang-gadang meraih Piala Oscar dalam kategori film terbaik. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini dinilai mampu bersaing untuk meraih penghargaan tertinggi di ajang insan film dunia ini. 

Apalagi, sebelumnya film yang disutradarai Alejandro Gonzalez Inarritu berhasil mengalahkan para pesaingnya di Golden Globe Awards 2016 lalu. Film ini berhasil menjadi film terbaik di ajang tahunan itu.

Film bergenre drama thriller ini mengambil setting di tahun 1820-an. Film ini diambil dari novel dengan judul yang sama. The Revenant menceritakan tentang seorang pemburu bernama Hugh Glass yang berjuang mempertahankan hidupnya di hutan saat ditinggal teman-temannya.

Salah satu film yang juga difavoritkan adalah The Big Short. Film yang disutradarai Adam McKay disebut-sebut bisa menjadi kuda hitam dalam Piala Oscar 2016. Film ini berhasil meraih lima nominasi di ajang tersebut. 

Sang sutradara juga merasa terkejut dengan keberhasilan filmnya di Piala Oscar 2016. Ia menyatakan, semua orang yang terlibat di film ini langsung bersorak, saat filmnya berhasil masuk nominasi Film Terbaik. 

"Semua orang di ruangan ini memiliki momen masing-masing," ujar McKay seperti dilansir dari People

Film bertabur bintang ini menceritakan tentang empat orang pemuda yang dibintangi Christian Bale, Ryan Gosling, Brad Pitt, dan Steve Carell yang memanfaatkan krisis keuangan di 2008. Empat pemuda ini menjalankan bisnis terlarang di sektor perbankan demi keserakahan mereka. 

The Martian yang dibintangi Matt Damon ini meraih sukses di box office. Film ini mendapatkan perhatian yang lebih dari publik bahkan sebelum film ini dirilis. Film yang disutradarai oleh Ridley Scott ini cukup mendapat penilaian yang positif dapat bersaing meraih Film Terbaik.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP