2016 Bakal Jadi Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah

Matahari berlubang
Sumber :
  • www.space.com/NASA/SDO

VIVA.co.id - Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa di 2016 ini akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah. Selain faktor manusia yang masih menjadi penyebab utama dari pemanasan global, dampak El Nino juga memberikan kontribusi.

Sebenarnya, pada 2015 lalu juga telah tercatat sebagai tahun terpanas sejak pemanasan global mulai dilakukan pendataan pada 1880 silam. Tapi tahun ini diperkirakan akan mampu melebihi pemanasan global yang terjadi pada 2015 lalu.

Dilansir Ecowatch, Minggu, 24 Januari 2016, Profesor Geografi dari Victoria University, James Renwick, mengatakan bahwa El Nino di Samudera Pasifik yang akan melanda dalam beberapa bulan ke depan akan sangat kuat pada 2016 ini akan membuat bumi semakin panas.

Ini Waktu Terbaru Jam Kiamat

Hal senada juga diungkapkan oleh Profesor Adam Scaife dari Met Office. "Secara keseluruhan, kami menilai El Nino akan memberikan kontribusi hingga 25 persen untuk pemanasan global yang akan mencatatkan rekor baru di 2016," kata Scaife.

Namun tentu saja, manusia masih menjadi penyebab utama dari pemanasan global. Polusi dari kendaraan dan pabrik serta pembakaran hutan yang kini melanda banyak negara turut menyumbang besar untuk pemanasan global. (ase)

Ini Peringkat Indonesia dalam Strategi Perubahan Iklim
Salah satu pangkalan militer AS

Belasan Basis Militer AS Bisa Lenyap Akibat Perubahan Iklim

Kenaikan permukaan laut diproyeksi tenggelamkan basis militer AS

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016