Virus Zika Kini Menyebar ke Kosta Rika

Virus Zika dalam foto yang dirilis CDC AS.
Sumber :
  • REUTERS/CDC/Cynthia Goldsmith/Handout via Reuters

VIVA.co.id - Kementerian Kesehatan Kosta Rika mengatakan, virus Zika kini telah tersebar ke Amerika Latin dan menyebabkan kerusakan otak pada bayi.

Heboh Bayi Diduga Disandera, Ini Cerita Sebenarnya
Dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 27 Januari 2016, seorang pria (25 tahun) didiagnosa dengan sindrom penyakit nyamuk tropis itu, setelah kembali dari perjalanannya ke Kolombia di mana lebih dari 11.000 orang dinyatakan terinfeksi. 
 
Kenali Kesehatan Suami Saat Kehamilan Istri
Sejak Zika mulai mewabah di Amerika Latin tahun lalu, terjadi lonjakan kelahiran bayi dengan keadaan kepala abnormal yang berukuran kecil. Keadaan tersebut menyebabkan kerusakan otak dan kematian pengidap Zika.
 
Bank Dunia Khawatir Balita Kurang Gizi di Indonesia
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa virus dapat menyebar ke seluruh negara bagian Amerika Serikat kecuali Kanada dan Chili. Virus Zika kini menyebar ke 21 dari 55 negara dan teritorial AS. 
 
WHO memperingatkan adanya hubungan yang pasti antara Zika dan kerusakan otak janin yang telah terbukti. "Kemungkinan itu masih sangat mengkhawatirkan," kata Direktur Jenderal Margaret Chan.
 
Kementerian Kesehatan Kosta Rika mengatakan, pria yang terinfeksi itu kini sudah pulih di rumah di San Jose. Sebuah tim dikirim untuk fumigasi daerah dengan harapan dapat memusnahkan nyamuk yang bisa menggigit dan menularkan virus kepada orang lain.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya