TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
FOKUS

Menakar Peluang Rio Haryanto ke F1

Belum ada kepastian Rio bisa tampil di ajang F1.
Menakar Peluang Rio Haryanto ke F1
 (Rio Haryanto)

VIVA.co.id - Berharap cemas, mungkin itu yang tengah dirasakan pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto. Pemuda 23 tahun ini tengah menunggu nasibnya untuk bisa mewujudkan mimpi, tampil di ajang adu cepat jet darat, Formula 1 (F1).

Hingga saat ini, belum ada kejelasan soal kesempatan Rio bisa tampil di ajang F1. Dana tinggi yang harus digelontorkan sebagai syarat keikutsertaannya, jadi problem utama yang masih jadi jalan terjal bagi Rio.

Bagaimana tidak, Rio harus menyiapkan dana sebesar €15 juta atau setara dengan Rp229 miliar, agar bisa tampil di ajang F1.

Melihat potensi yang dimiliki oleh pemuda asal Solo ini, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), ikut turun tangan. Dana sebesar Rp100 miliar digelontorkan Kemenpora melalui perpanjangan tangannya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Tak hanya itu, Rio yang dinaungi oleh PT Kiky Sport juga berhasil mendapat bantuan dari salah satu BUMN, PT Pertamina. Pertamina bersedia menggelontorkan dana sebesar €5,2 juta, atau senilai Rp78,4 miliar.

Pihak Tim Manor Marussia selaku tim yang akan menaungi Rio jika berhasil tampil di F1, sudah memberikan keringanan dalam pembayaran. Tim Manor memberikan keringanan agar Rio bisa menyetorkan dana sebesar 20 persen dari keseluruhan.

"Kami dapat keringanan hingga cuma harus bayar sebesar 20 persen. Sekarang, uangnya masih dikumpulkan lewat bantuan pemerintah dan pihak lain," kata ibu sekaligus manajer Rio, Indah Pennywati.

Meskipun sudah mendapat keringanan dari Manor, dana total Rp178,4 miliar yang sudah didapat dari bantuan Kemenpora dan Pertamina masih kurang. Masih ada kekurangan dana sebesar Rp50,6 miliar lagi untuk mencapai dana keseluruhan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP