TUTUP
TUTUP
FOKUS

Sudah Siapkah Jakarta Hadapi Ancaman Banjir 2016?

Sodetan Kali Ciliwung belum selesai, banyak mesin pompa air rusak.
Sudah Siapkah Jakarta Hadapi Ancaman Banjir 2016?
 (Anwar Sadat/ VIVA.co.id)

VIVA.co.id - Beberapa hari terakhir, hujan selalu setia menemani aktivitas warga ibu kota Jakarta dan kota- kota penyangga, baik pagi, siang maupun malam hari.

Hujan yang mengguyur seolah tanpa henti di akhir Januari dan awal Februari 2016 ini memang sudah diprediksikan bakal terjadi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Bahkan, menurut Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik (BMKG) Fahri Rajab, intensitas hujan akan terus meningkat dan mencapai puncaknya di pertengahan Februari ini.

"Secara umum di seluruh Indonesia, saat ini tengah memasuki musim hujan, seperti yang terjadi di Jabodetabek dari akhir Januari sampai pertengah Februari," ujarnya, Selasa 2 Februari 2015.

Kondisi ini, menurut BMKG perlu diwaspadai, karena, selain hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, di puncak musim hujan biasanya intensitas hujan meningkat hingga  ke tahap hujan lebat.

Selain itu, hujan lebat biasanya juga berpotensi diringi dengan potensi adanya angin kencang.

"Hujan dengan intensitas lebat berpotensi menimbulkan bencana lanjutan seperti banjir dan longsor," ujar Fahri.

Seiring dengan peningkatan curah hujan memasuki puncak musim hujan, Pemerintah DKI Jakarta secara keseluruhan ternyata belum sepenuhnya siap menghadapi bencana tahunan lanjutan banjir seperti yang diperingatkan BMKG.

Buktinya, meski baru diguyur hujan lebat selama kurang lebih empat jam, masih saja warga di Jakarta yang harus menerima kehadiran banjir.

Seperti yang terjadi di wilayah Kampung Pulo, Selasa pagi, salah satu wilayah yang selama ini dibanggakan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai wilayah yang bebas dari banjir.

"Saya juga bingung, padahal katanya Kali Ciliwung udah dinormalisasi, dan katanya Pulo bakal bebas banjir, tapi ini kenapa masih banjir," kata Dadang, warga Kampung Pulo.

Selanjutnya... Kesiapan DKI hadapi banjir...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP