Ini Penawaran Pemprov DKI untuk Penghuni Kalijodo

Pengendara motor melintas di kawasan Kalijodo, Jakarta Utara, Jumat (12/02/2015)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi memberikan sosialisasi kepada warga yang tinggal di kawasan Kalijodo, Pejagalan, Jakarta Utara, Minggu, 14 Februari 2016. Sosialisasi itu terkait rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan menggusur kawasan Kalijodo.

Sosialisasi itu dituangkan dalam surat pemberitahuan bernomor 640/1.751 tertanggal 12 Februari 2016, yang ditujukan kepada warga, pemilik usaha hiburan maupun pekerja tempat hiburan di kawasan Kalijodo.

Djarot: Kolong Tol Kalijodo Incaran Pendatang Baru Jakarta

Pada intinya, surat tersebut memberitahukan warga bahwa Pemerintah DKI akan menutup Kalijodo dan mengembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau.

"Alhamdulillah penyampaian surat ini berlangsung baik," kata Rustam saat diwawancarai tvOne di Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Dalam surat tersebut, Pemprov DKI kata Rustam, memberikan sejumlah penawaran kepada warga Kalijodo yang terkena penggusuran. Diantaranya adalah bagi warga yang bekerja di tempat hiburan ditawarkan untuk alih profesi. "Nanti akan kita latih di Balai Latihan Kerja DKI," ujar dia.

Pemprov DKI juga menawarkan bagi warga yang ingin pulang kampung, akan disediakan transportasi sampai ke kampung halaman masing-masing. Kemudian, bagi warga yang rumahnya dibongkar atau tidak punya tempat tinggal, namun memiliki KTP DKI, akan difasilitasi untuk tinggal di rumah susun sederhana.

"Untuk menampung (penawaran) itu, kita buka posko ini," terang dia. Posko pendaftaran warga Kalijodo itu bertempat di Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pemerintah DKI akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya sebelum melakukan penggusuran.

"Tunggu Polda Metro Jaya untuk membicarakan dulu, gimana caranya, pasti kita akan bongkar memang," kata Ahok di Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Minggu, 14 Februari 2016

Menurut Ahok, wilayah Kalijodo sebenarnya lahan terbuka hijau, namun kawasan tersebut dimanfaatkan sebagai tempat prostitusi oleh masyarakat sekitarnya. "Itu memang jalur hijau," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot S Hidayat dan Teguh Othenrik di depan tembok Berlin

Pecahan Tembok Berlin Bersemayam di Eks Prostitusi Kalijodo

Tembok Berlin merupakan pemisah antara dua Jerman.

img_title
VIVA.co.id
26 September 2017