TUTUP
TUTUP
FOKUS

Harapan Besar dan Peluang Rio Haryanto di F1

Akhirnya, bendera Indonesia berkibar di sirkuit Formula One (F1).
Harapan Besar dan Peluang Rio Haryanto di F1
Pembalap Manor asal Indonesia, Rio Haryanto (ANTARA FOTO/Manor Grand Prix Racing)

VIVA.co.id - Akhirnya, bendera Indonesia berkibar di sirkuit Formula One (F1) pada balapan pembuka GP Australia di Albert Park, Melbourne, akhir pekan ini. Rio Haryanto menjadi "Garuda" pertama yang tampil di balapan roda empat paling bergengsi tersebut.

Rio dipastikan mengisi satu mobil Manor Racing sepanjang musim 2016 ini. Penampilan gemilangnya kala menduduki peringkat empat GP2 musim lalu, menjadi modal pembalap 22 tahun tersebut untuk mengarungi balapan balapan F1.
 
Euforia besar pun dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai dukungan diberikan, termasuk penggalangan dana ketika dana yang harus dibayar Rio untuk 'membeli' kursi Manor masih kurang.
 
Jangankan pada balapan hari Minggu mendatang, 20 Februari 2016, ketika Rio baru melakukan tes di Circuit de Catalunya Februari kemarin, antensi besar juga sudah diperlihatkan publik Tanah Air.
 
Tidak hanya masyarakat, pemerintah Indonesia pun ikut jor-joran memberikan dukungan pada pemuda kelahiran Surakarta tersebut. Bantuan dari perusahaan pelat merah macam Pertamina ikut membantu keberadaan Rio di balapan F1 musim ini.
 
Warga Negara Indonesia yang tinggal di Melbourne pun tak tinggal diam dengan memberikan dukungan langsung buat Rio. Sebuah lecutan semangat yang luar biasa buat pembalap pertama F1 asal Indonesia itu.
 
Tetapi, seperti pedang bermata dua, lecutan semangat ini juga bisa menjadi beban tersendiri buat Rio. Keinginannya untuk membalas kepercayaan seluruh elemen di Republik ini tentu begitu besar.
 
Hal itu bisa terlihat dalam ajang tes di Circuit de Catalunya lalu. Ketika itu, Rio sengaja menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mempertajam catatan waktu miliknya. Tentu gegabah bagi seorang pendatang baru. Ia pun akhirnya terpelintir masuk gravel.
 
Berbicara jelang balapan pertamanya di F1, Rio pun mengakui, sangat terkesan dengan dukungan yang diberikan oleh publik Indonesia. Tetapi, mengingatkan kalau dia masih dalam proses adaptasi.
 
"Sudah jelas bisa tampil di Formula 1 adalah hal yang luar biasa dan saya sangat bangga dan saya yakin seluruh Indonesia juga bangga atas pencapaian ini," ujar Rio dalam jumpa pers resmi di F1 pertamanya.
 
"Saya baru di F1, jadi masih banyak hal yang harus dipelajari dan ekspektasi saya adalah mencoba dan belajar secepat mungkin, serta membangun hubungan luar biasa dengan tim. Ini mimpi saya dan luar biasa bagi saya dan negara saya. Dukungan itu sangat bermakna buat saya jadi saya ingin terus bersama fans di setiap langkah," tambahnya.
 
Bisakah kita berharap banyak?
 
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP