Polisi Antisipasi Macet Arus Balik Libur Paskah

Antrean kendaraan di Tol Cipularang KM 100 arah Bandung.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Libur panjang mulai 25 hingga 27 Maret 2016 banyak diisi oleh masyarakat Jakarta yang pergi ke luar kota. Hari ini diperkirakan terjadi arus balik usai libur panjang perayaan Paskah, sehingga polisi telah menyiapkan antisipasi.

Jembatan Ampera Tutup, Ruas Musi IV Macet Total

Pihak pengamanan lalu lintas memperkirakan, Minggu, 27 Maret 2016, para penghuni Jakarta akan balik dari libur panjangnya, karena pada Senin, 28 Maret 2016, masyarakat sudah menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Untuk mengantisipasi arus balik libur panjang usai Paskah, sejumlah langkah antisipasi dilakukan kepolisian bekerja sama dengan PT Jasa Marga Tbk, Kementerian Perhubungan serta instansi lain.

Lalu Lintas Menuju Pasar Takjil Benhil Macet Parah

Kepala Humas Jasa Marga, Heru mengatakan, pihaknya yang berkoordinasi dengan Korlantas, Polda Metro, dan Polda Jawa Barat, melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar tol Cipularang. Rekayasa ini dilakukan jika terjadi kepadatan arus balik dari arah Bandung.

"Rekasaya lalin melalui pengaturan di KM 66 dengan memperpanjang dedicated line untuk lalin dari Cipularang," kata Heru kepada VIVA.co.id, Minggu 27 Maret 2016.

Jalanan Ibu Kota yang Macet Parah Jelang Buka Puasa

Heru menambahkan, dalam kondisi darurat, contra flow di KM 65 hingga KM 50, juga KM 44,8 sampai KM 42,2 dilakukan.

"Jika gerbang Tol Cikarang Utama macet, lalu lintas dialihkan melalui gerbang Tol Cikarang Barat 2, lalu masuk ke tol lagi via gerbang Tol Cikarang Barat 4," ujarnya.

Sesuai kondisi, kata Heru, akan dilakukan juga buka tutup rest area agar tidak terjadi kepadatan kendaraan. "Akan dilakukan buka tutup di rest area KM 62, KM 50, dan KM 42," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya