TUTUP
TUTUP
FOKUS

Kala Aktor Hollywood Peduli Hutan Indonesia

Pria berusia 41 tahun itu menegaskan, soal ancaman perubahan iklim.
Kala Aktor Hollywood Peduli Hutan Indonesia
Leonardo DiCaprio bercengkerama dengan orangutan (Facebook.com/LeonardoDiCaprio)

VIVA.co.id - Minggu 28 Februari 2016, Leonardo DiCaprio ditasbihkan sebagai aktor terbaik di ajang bergengsi Academy Awards. Dalam pidatonya saat menerima penghargaan di depan insan perfilman, pria berusia 41 tahun tersebut menegaskan, soal ancaman perubahan iklim terhadap seluruh spesies yang ada di Bumi.

Dia pun mengajak warga Bumi untuk mendukung pemimpin di seluruh dunia yang tidak menjadi corong bagi penyumbang polusi terbesar, namun pemimpin yang membela seluruh umat manusia.

"Untuk masyarakat adat dunia, untuk miliaran dan miliaran orang kurang mampu di luar sana yang paling terkena dampak ini. Untuk anak-anak kita dan bagi orang-orang di luar sana, yang suaranya telah tenggelam oleh politik keserakahan," ucap DiCaprio.

Tak hanya sekadar ucapan belaka. Satu bulan kemudian, sang aktor menanggalkan jas necisnya yang dikenakan saat Piala Oscar. Mengenakan kaus, celana kargo, dan sepatu gunung, pemeran Hugh Glass dalam film The Revenant tersebut menginjakkan kakinya di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh, Indonesia, Minggu 27 Maret 2016. 

DiCaprio tak sendiri. Ia datang bersama Adrien Brody dan Fisher Stevens, dua aktor Hollywood yang juga dikenal peduli lingkungan. Menurut situs web Taman Nasional Gunung Leuser, awalnya sang aktor yang berkunjung ke Indonesia untuk melihat kemajuan program di Aceh Timur, tak memiliki rencana menyambangi Aceh Tenggara.

"Namun, ia ingin melihat Stasiun Penelitian Orangutan Sumatera tertua dan melihat Orangutan Sumatera secara langsung di habitatnya yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser," tulis situs web tersebut.

Menuju Aceh Tenggara, DiCaprio beserta timnya menggunakan helikopter. Warga setempat dikabarkan langsung menyambut antusias, saat helikopter yang membawa sang aktor mendarat di lapangan SMA Negeri 1 Ketambe. 

Di Stasiun Penelitian Ketambe, pria yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan ini melihat secara langsung keanekaragaman hayati. Ia, bahkan berkesempatan melihat tiga Orangutan Sumatera dewasa yang berada di lokasi tak jauh dari kamp penelitian. Seolah takjub dengan Orangutan Sumatera, DiCaprio sampai menghabiskan waktu selama dua jam untuk melihat perilaku hewan liar tersebut.

Kekagumannya terhadap Orangutan, ia perlihatkan dengan mengunggah foto saat bercengkerama dengan hewan primata itu di media sosial. Namun, seperti foto-foto lainnya yang ia unggah, DiCaprio juga menyelipkan sebuah pesan soal lingkungan.

Kali ini, ia mengkritik soal ekosistem Leuser yang tergerus akibat perkebunan sawit. Akibatnya, ujar DiCaprio, Orangutan Sumatera dalam situasi berbahaya dan terancam punah.

"Di sini, di Stasiun Karantina Orangutan Program Konservasi Orangutan Sumatera, orangutan yang diselamatkan kemudian direhabilitasi, sehingga mereka bisa dilepaskan kembali ke alam bebas," tulis pemilik beberapa jenis mobil listrik ini.

Hal sama juga dilakukan Adrien Brody. Pria yang mengantongi Piala Oscar untuk kategori Aktor Terbaik di usia 29 tahun itu rajin mengunggah foto-fotonya selama di Aceh. Dalam salah satu foto yang menampilkan Orangutan Sumatera, Brody berharap Leuser tidak akan menjadi rumah terakhir bagi anak Orangutan.

"Jika kita mengambil habitat dan sumber makanan mereka, serta membunuh atau menangkapnya, tak akan ada satu pun yang tersisa," tulis Brody. 

Dalam foto lainnya, bintang film The Pianist ini menyertakan bukti adanya perkebunan sawit di kawasan Leuser. "Hey, tunggu, ke mana hutan hujan pergi?" tulisnya sambil mencantumkan tautan soal berita kebakaran hutan di Indonesia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP