TUTUP
TUTUP
FOKUS

Tergusur Demi Wajah Asli Luar Batang

Penertiban dilakukan, terutama untuk menyediakan lahan terbuka hijau.
Tergusur Demi Wajah Asli Luar Batang
Pembongkaran bangunan di kawasan Pasar Ikan Luar Batang Jakarta (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

VIVA.co.id – Senin 11 April 2016, menjadi hari terakhir bagi warga di Jalan Pasar Ikan, RT 1, 2, 11, dan 12, RW 04, kawasan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, untuk mendiami kawasan itu.

Ratusan bangunan yang menjadi tempat warga berlindung dan mencari nafkah selama ini, kini sudah rata dengan tanah, diterjang alat-alat berat milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang didatangkan ke kawasan itu.
 
Teriakan penolakan penggusuran pun berubah menjadi tangisan kesedihan. Mereka yang tadinya ngotot mempertahankan lahan yang bukan milik mereka, akhirnya hanya bisa pasrah membawa barang-barang mereka, keluar dari kawasan yang kini sudah berubah menjadi lahan kosong penuh puing.
 
Dengan wajah sedih, satu persatu warga yang mendiami kawasan itu memasuki bus-bus berwarna kuning yang disiapkan Pemerintah Provinsi DKI untuk membawa warga ke lokasi relokasi, yakni di Rumah Susun Rawa Bebek.
 
"Saya enggak tertarik penawaran rusun, enggak sesuai rumah segede ini, tidak sesuai diganti rusun. Harusnya bukan rusunawa (rumah susun sederhana sewa), tetapi perumahan KPR (Kredit Pemilikan Rumah)," ujar Ari, salah warga Pasar Ikan yang terdampak penertiban.
 
Selain Rusun Rawa Bebek, Pemprov DKI sebenarnya telah menyiapkan dua lokasi relokasi lainnya. Lokasi itu masing-masing berada di Rusun Marunda dan Rusun Cipinang Besar Selatan.
 
Namun, kedua lokasi itu, tidak langsung dikerahkan untuk menampung warga terdampak penertiban. Sebab, penertiban yang dilakukan baru langkah awal, sebelum kawasan lain di sekitar Luar Batang benar-benar di tertibkan.
 
Deputi Gubernur DKI Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Muadzin Mungkasa mengatakan, pada Senin, baru tiga dari lima zona yang ditertibkan. Ketiga zona itu, zona 1, 2, dan 3, ada di kawasan Pasar Ikan. Zona lain, zona 4 dan 5, masing-masing ada di RW 001, 002, dan 003 yang berada di kawasan Luar Batang.
 
"Yang akan kita benahi di awal, ada tiga zona dari lima zona," ujar Oswar.
 
Selanjutnya...Nasib Warga Luar Batang di Rusun...
 
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP