TUTUP
TUTUP
FOKUS

Berburu Kendaraan Harga 'Miring' di IIMS

Kawasan Kemayoran menjadi magnet para pecinta otomotif.
Berburu Kendaraan Harga 'Miring' di IIMS
Sejumlah pengunjung memadati hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS). (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id - Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, sepekan terakhir mendadak menjadi magnet tersendiri bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Jika sebelumnya di sekitaran kawasan tersebut terkenal macet, kini bertambah macet. Ribuan mobil, terlebih sore hingga malam hari terus berjubel merangsek masuk ke kawasan tersebut.

Dari pantauan yang terlihat, segala penjuru 'mata angin' kawasan Kemayoran menuju ke satu titik, yakni JIExpo, Kemayoran. Terdengar tak mengherankan, lantaran di kawasan tersebut ternyata tengah digelar hajatan akbar yang melibatkan beragam kendaraan teranyar di republik ini, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Gelaran ini diketahui merupakan acara tahunan, artinya selalu berulang tiap tahunnya. IIMS sejauh ini memang dipandang publik sebagai salah satu kiblat perkembangan dunia otomotif di Tanah Air. Ajang ini
biasanya dimanfaatkan pabrikan otomotif untuk ajang jualan serta pamer teknologi dan kendaraan terbaru.

Untuk tahun ini, IIMS digelar 7 hingga 17 April 2016. Bagi masyarakat yang hendak masuk ke area ini, pengunjung diwajibkan menebus tiket dengan banderol Rp40 ribu untuk Senin-Kamis, dan Rp60 ribu untuk
Jumat-Minggu.

Terbilang meriah, karena banyak pabrikan otomotif yang tumpah-ruah menggelar lapak dagangan, berjualan kendaraan. Jadilah pesta semakin meriah dengan beragam promo dan diskon alias potongan harga yang ditawarkan. Beragam kendaraan modifikasi juga dipamerkan, lengkap dengan obral aksesori otomotif.

Tak cuma pabrikan yang akrab di telinga masyarakat saja yang ikut menggelar lapak, seperti Toyota, Honda dan lainnya. Bahkan, merek-merek Eropa sekelas BMW, Mercedes-Benz, hingga Ducati juga turut mencoba mencari peruntungannya di pameran tersebut.

Perang diskon

Bagi masyarakat yang tengah berburu mobil, ajang ini sepertinya tepat untuk dikunjungi. Apalagi, banyak pabrikan yang menggelar rabat alias potongan harga dengan nilai menggiurkan. Sebagai contoh, Ford memberikan diskon harga hingga Rp50 juta, Nissan memberikan diskon hingga Rp35 juta, Chevrolet beri diskon hingga Rp50 juta, dan masih banyak lainnya.

Untuk merek-merek ternama Jepang, Toyota menawarkan diskon hingga Rp25 juta. Sementara Honda, menawarkan cicilan ringan Rp1 jutaan.

(Baca juga: Daftar Diskon Mobil di IIMS, Mulai Toyota hingga Ford)

"Saya ke sini memang mau cari mobil. Niatnya cari tipe mobil keluarga. Ke sini karena kan kalau pameran biasanya diskonnya besar ketimbang beli di diler, lumayan kan bisa menghemat pengeluaran karena diskon
itu," ujar Farid Rahmat, pengunjung asal Depok, Jawa Barat, saat berbincang dengan VIVA.co.id, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Tak cuma mobil yang diberikan diskon besar-besaran, produk sepeda motor juga demikian. Tercatat, ada sejumlah motor yang dijual dengan harga di bawah rata-rata. Setidaknya, fakta ini terlihat saat menyambangi tiga booth merek sepeda motor ternama, Kawasaki, Honda dan Yamaha.

"Kami berikan diskon Rp10 juta untuk Kawasaki Z250 SL ABS. Selain itu, kami juga diskon hampir Rp9 juta untuk Bajaj Pulsar Rp200 NS. Motor 200cc itu cukup ditebus Rp15 juta, bisa dicicil juga," kata pegawai PT
Kawasaki Motor Indonesia, Rahmat Mifta.

Sementara Big Bike Consultant Honda, Ahmad Sobari yang ditemui menyatakan, pihaknya memberikan diskon besar-besaran bagi tiga sepeda motornya, yakni CBR 650F, NM4 Vultus dan CBR 1000RR SP.

"Kami memberikan cash back itu sampai Rp30 juta. Untuk CBR 650F Rp30 juta, NM4 Vultus Rp23 juta dan CBR 1000RR SP Rp29 juta," ujar Ahmad Sobari kepada VIVA.co.id.

(Baca juga: Daftar Mobil Baru di Bawah Rp100 Juta di IIMS)

Pabrikan motor berlogo garpu tala tak mau kalah gelar obral. Perusahaan asal Jepang itu memberikan diskon hingga Rp2,5 juta untuk model sport fairing-nya R25. "Kalau R15 diskonnya Rp2 juta, Mio juga Rp2 juta, Xabre Rp1 juta, sementara NMax tak ada diskon," kata Liana, salah seorang pegawai PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Selanjutnya... Lautan manusia, motif beragam

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP